Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Masih #2!

Kompas.com - 15/01/2014, 11:55 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors berhasil menjual 9.71 juta kendaraan pada 2013 dan belum bisa menggeser Toyota dari posisi puncak. Untuk global, GM tetap  #2 hanya unggul 200.000 unit dari  Volkswagen Group.

Toyota, kelompok produsen terbesar di dunia, melaporkan hasil penjualan globalnya pekan depan. Tahun lalu, GM berhasil mendongkrak penjualan kendaraan ringan 4 persen dibandingkan dengan  2012 yang diperoleh dari China dan Inggris. Penjualan di China bahkan naik sampai 11 persen, merupakan rekor baru. Di negara asalnya, Amerika Serikat, penjualan GM naik 7 persen hanya terpaut tipis dari total pasar yang membesar 8 persen. Sementara VW s berhasil menjual 9,5 juta unit tahun lalu.  

Toyota dan GM tidak peduli dengan penjualan mobil #1 di dunia. Namun dengan penjualan terbanyak atau makin banyak, mampu mengangkat moral karyawannya.

Dalam sembilan bulan pertama 2013, Toyota berhasil menjual 7,41 juta unit kendaraan, naik tipis dari tahun sebelumnya namun sudah mengalahkan GM, hanya 25 juta unit.  Bukti, posisi Toyota belum bisa digeser! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com