Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIM A untuk Anak-anak

Kompas.com - 16/06/2013, 08:37 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Sejumlah anak tampak serius duduk di jok Honda Freed sembari memainkan setir dan melihat situasi jalan di layar 26 inci. Sesekali tangannya sibuk memainkan tuas transmisi, kaki menginjak pedal gas atau rem. Bukan ”nge-game”, anak-anak ini sedang belajar berkendara didampingi instruktur di stand Honda untuk mendapat ”SIM A” di Kota Kidzania.

Honda Safety Driving Simulator (HSDS) adalah fasilitas baru dari PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk Kidzania, Mal Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan untuk mendidik tata tertib berlalu-lintas sejak dini. Anak-anak diharapkan mendapat pengalaman menyetir mobil lebih nyata, mengenal rambu-rambu, petunjuk jalan, hingga membiasakan memakai sabuk keselamatan.

”Wahana permainan edukatif ini cara yang sangat efektif dan menyenangkan untuk mengajarkan tertib berlalu-lintas dan berkendara aman untuk anak-anak. Karena ditanam sejak dini, kelak mereka menjadi pengemudi yang lebih baik atau mengingatkan orang tuanya untuk terus berkendara aman,” jelas Jonfis Fandi, Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM pada persemian HSDS, Sabtu (15/6).

Sejak 2007, Honda dan Kidzania sudah menjalin kerjasama. Untuk ini, Honda (HPM) mendirikan stand terdiri dari dealer dan sekolah mengemudi. Selain anak-anak bisa bermain sebagai penjual dan pembeli, mereka juga diigiring mengendarai mobil mini di miniatur jalan raya yang dilengkapi lampu merah, pompa bensin dan bengkel.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombespol DR. Chrysnanda Dwilaksana ikut hadir dalam peresmian menyatakan, yang  dilakukan HPM sangat positif. ”Bahwa tidak semata-mata bisnis, tapi meningkatkan kesejahteraan hidup, meminimalisasi kecelakaan dengan menanamkan kesadaran, disiplin dan tanggung jawab berlalu-lintas," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com