Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Kota untuk Pengguna Kursi Roda

Kompas.com - 27/05/2013, 18:53 WIB

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Malaysia terus memperbaiki sarana transportasi publik di kota-kota besar. Terakhir, Syarikat Prasarana Negara Berhad - lembaga milik pemerintah yang menangani transportasi publik - mendatangkan 360 bus Scania baru untuk bus kota di Kuala Lumpur dan Kuantan.

Model yang dibeli adalah Scania K250 UB4x2 dsasis rendah dan dengan kelengkapan keselamatan cukup banyak. Bus dipesan dalam kondisi sudah jadi dengan desain tempat duduk yang tidak terlalu sempit dan nyaman. Juga ada akses dan tempat khusus untuk penumpang yang menggunakan kursi roda.

Bodi bus dibuat dari aluminium untuk mengurangi berat dan mengirit bahan bakar sekaligus memperpanjang usia pakai bila menggunakan baja yang mudah berkarat. Jumlah bus baru ini 360 unit, akan bergabung dengan ribuan bus lainnya yang sudah dilabeli RapidKL sekaligus melengkapi moda transportasi monorail.

”Bus Scania ini menggunakan mesin baru yang menghasilkan torsi besar pada putaran mesin rendah. Konfigurasi tempat duduk bisa diubah tergantung kebutuhan. Kelengkapan keselamatan yang disediakan adalah pintu darurat yang mudah dioperasikan," jelas James Armstrong, Managing Director Scania Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com