Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Himbau Pirelli Lakukan Pendekatan Fundamental

Kompas.com - 22/05/2013, 14:41 WIB

Monaco, KompasOtomotif - Para pebalap mulai mengeluhkan kemampuan ban, termasuk di antaranya Sebastian Vettel. Pebalap andalan tim Infiniti-Red Bull Racing itu meminta kepada pemasok ban tunggal Pirelli melakukan pendekatan fundamental yang berbeda. Sementara CEO Formula One Group (FOM) Bernie Ecclestone sudah meminta agar perusahaan asal Italia itu untuk meningkatkan kualitas dan daya tahan ban.

Suara sumbang soal ban sudah terdengar di paddock sejak dari seri pembuka Australia, tahun ini. Puncaknya di Barcelona, dua minggu lalu, di mana pebalap harus melakukan empat kali pitstop.

Kuatnya kritikan dari Red Bull dan Mercedes membuat Pirelli mengeluarkan keputusan akan melakukan perbaikan. Tapi, Lotus dan Ferrari yang didukung FIA bersikeras bahwa setiap perubahan harus minimal.

"Saya meminta Pirelli untuk membuat ban yang kemampuannya tidak akan menyelesaikan 50 persen dari perlombaan. Berarti, kita perlu pitstop," jelas Bernie kepada situs resmi Formula 1, beberapa hari lalu.

Bernie memahami betul akan kerja Pirelli sebagai penyuplai tunggal sangat, sangat sulit. Karena, dari satu balapan ke balapan karakter sirkuit beda, juga suhu udara. Belum lagi tipikal pebalapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com