Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Kembar, DAYZ dan eK Wagon Segera Meluncur

Kompas.com - 20/05/2013, 14:57 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Nissan Motor Company dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) hari ini merayakan produksi bersama - mobil kecil  tinggi -  mulai  dipasarkan depan di seluruh Jepang Juni mendatang.

Nissan memberi nama mobil mini ini dengan DAYZ dan DAYZ Highway STAR, sedangkan Mitsubishi eK Wagon dan eK Custom. Dengan kolaborasi ini, Nissan berharap bisa menikmati pasar mobil mini Jepang  lebih banyak,  saat  inimenguasai 38 persen penjualan mobil di negara tersebut.

Lembaga peneliti IHS Automotive memprediksi pasar Kei Car akan naik seiring berakhirnya insentif pemerintah untuk mobil ramah lingkungan. "Penting meluncurkan mobil mini jika ingin meningkatkan penjualan di pasar Jepang. Pasalnya, penjualan segmen ini terus meningkat," komentar Kohei Takahashi, analis dari JP Morgan Chase & Co di Tokyo, yang dilansir Bloomberg, kemarin (19/5/2013). Kembaran kedua merek ini akan menantang Honda N-box dan Daihatsu Move.

Di Jepang, mobil mini harus menggunakan pelat nomor kuning, dikategorikan sebagai sarana transportasi yang murah. Bulan lalu, penjualan mobil kecil menguasai tujuh dari 10 model terlaris di Jepang. Segmen dengan mesin 660 cc ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir setelah pemerintah menurunkan pajak konsumsi dan asuransi. Selain itu, karena ukurannya kecil, tarif parkir yang murah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com