Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Peugeot 308, 140 kg Lebih Ringan

Kompas.com - 13/05/2013, 19:16 WIB

Paris, KompasOtomotif – Salah satu andalan terbaru Peugeot muncul lagi, yaitu 308. Diklaim, model ini bakal menjadi aktor untuk memasuki pasar yang sudah dihuni oleh Volkswagen Golf dan Ford Focus. Kendati Peugeot belum rilis spesifikasinya secara resmi, namun media otomotif Eropa sudah menguaknya. Menurut Autocar (13/5), All-New 308  dilengkapi sejumlah kelebihan agar bisa memainkan peran penting di segmen C.

”Platform” Unggulan
Panjang 4,25 meter dan tinggi1,46 meter, menjadikannya  lebih pendek  dan tinggi kompetitor yang sudah dulu menduduki pasar. Dibangun dengan platform EMP2 hasil rancangan PSA yang juga dipakai untuk segmen C dan D  untuk Peugeot dan Citroen yang memungkinkan para desainer leluasa menghadirkan desain ciamik.

Misalnya, duduk mesin yang lebih rendah. Pengaruh selanjutnya, kap mesin lebih rendah menghasilkan sosok leih tajam. Para desainer mencomot beberapa lekukan dari konsep Peugeot Onyx, yang muncul pada Paris Motor Show akhir tahun lalu.

Dengan segala kelebihan itu, Peugeot mengklaim bobot  turun tajam atau  lebih ringan 140 kg dibanding pendahulunya. Emisi gas buang juga berkurang, hanya 85 gram/ km, terendah dibanding model Peugeot lainnya.

Interiornya mengadopsi filosofi ”i-cockpit”, meminjam nuansa setir dan panel 208. Konsol tengah dibuat lebih tinggi, menyatu dengan layar monitor 9,7 inci multi-fungsi. Hal ini memungkinkan desainer mengurangi tombol-tombol yang membingungkan dan leluasa menggunakan materi kelas satu.

All-New 308 akan diproduksi di pabrik Peugeot,Sochaux, Perancis. Spesifikasi mesin belum diketahui. Model ini diperkirakan  akan menjadi bintang pada Frankfurt Motor Show, September mendatang. Penjualan dimulai  pada musim gugur 2013 di Eropa. Versi setir kanan untuk Inggris akan muncul pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com