Minggu, 26 Oktober 2014

Otomotif


Yuk, Cari Onderdil ”Copotan” di Otobursa!

Penulis: Donny Apriliananda | Sabtu, 11 Mei 2013 | 15:07 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : donny apriliananda

    Setir copotan mobil mewah, airbag dijamin masih berfungsi.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : donny apriliananda

    Lampu-lampu orisinal dijual dengan harga miring.

Jakarta, KompasOtomotif –  Salah satu ciri khas Otobursa Tumplek Blek 2013 yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta oleh Tabloid Otomotif, adalah "ladang" berburu komponen atau aksesori unik  yang susah didapat di toko. Di event ini, berbagai onderdil ”copotan” atau hasil kanibal dari berbagai merek dan model mobil  banyak dijajak melalui lapak-lapak dan ternyata menjadi incaran para pemilik mobil dan modifikator.

”Copotan”adalah  onderdil orisinil yang sengaja dicopot atau dilepas dan dijual oleh pemilik karena ingin ganti model atau memasang onderdil  yang dijual secara bebas (after market). Paling banyak adalah lampu, setir dan jok mobil dari berbagai merek dan jenis. Kondisinya rata-rata masih prima.

Di stand Zionk Motor misalnya, tersedia aneka setir copotan berbagai merek mobil mewah. Paling banyak adalah setir Mercedes-Benz dan BMW. ”Kalau di sini saya beri garansi. Kalau ada airbag-nya, dijamin masih berfungsi dengan baik,” ujar Zian, pemilik Zionk Motor kepada KompasOtomotif (11/5).

Setir-setir untuk mobil-mobil yang lebih umum, seperti Toyota Kijang, Fortuner, Avanza, Honda Jazz dan City. Mau cari setir mobil antik juga tersedia. ”Kalau tidak ada di sini, order aja! Kalau sudah ada, akan kami hubungi. Soalnya, banyak juga onderdil yang susah didapat," urai Zian.

Lampu
Lampu adalah komponen compotanyang paling banyak dijual. Hampir semuanya orisinal. Berbeda dengan setir, lampu depan dan belakang relatif lebih banyak stok dan gampang dicari. Pasalnya, banyak yang melepas lampu asli, menggantinya dengan model yang lebih agresif. 

Syafril Ong, salah satu pengunjung Otobursa yang sedang mencari lampu, menuturkan, banyak lampu copotan dijual setelah diganti dengan model yang lebih baru. ”Kebetulan saya baru beli lampu Lancer Evo IV,  namun  sudah diganti dengan model proyeksi.  Saya ingin balikin lagi ke orisinal, eh, ternyata diketemukan di sini,” ceritanya. 

Harga yang ditawarkan  juga lebih miring ketimbang beli di dealer. Bedanya bisa  mencapai Rp 500.000 Rp 1.000.000. Intinya, kami menyediakan komponen yang dicari konsumen. Mau pasang spion asli yang bisa dilipat, juga ada,” tutup Zian.


Editor : Zulkifli BJ