Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Sewakan Mesin M1 di MotoGP

Kompas.com - 09/04/2013, 08:41 WIB

Madrid, KompasOtomotif - Yamaha mengumumkan akan menyewakan mesin YZR-M1 untuk tim-tim yang berlaga di MotoGP. Langkah tersebut sudah mendapat persetujuan dari promotor MotoGP, Dorna Sports, dan akan mulai memasok mesin untuk musim 2014, 2015, dan 2016.

Tim yang berminat bisa menggunakan mesin Yamaha M1 dengan kontrak setiap tahun atau per musim (bisa diperpanjang). Kendati demikian,  Yamaha tidak menyediakan rangka. Tim-tim yang menggunakan mesin M1 dipersilakan mengembangkan sasis sendiri dari pemasok seperti FTR atau Suter.

Produsen yang baru saja berjaya di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu lalu, itu yakin bahwa dengan cara ini, MotoGP akan lebih semarak dan kompetitif. Tim pengguna mesin M1 bebas melakukan pengembangan dan Yamaha tidak ikut campur untuk urusan itu. Meski mesin sama, tetapi cara  pengembangan berbeda, hasilnya tentu lain pula.

Target Yamaha adalah tim yang berlaga sebagai Claiming Rule Team (CRT). Dengan biaya sendiri, tim gurem tersebut mengembangkan sendiri, tetapi kalah kompetitif dari tim yang langsung membawa merek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com