Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Pasang Target 20.000 Unit

Kompas.com - 14/03/2013, 16:14 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Tahun ini, ambisi Kia Indonesia cukup besar dengan mendongkrak kembali penjualan minimal naik 50 persen menembus 20.000 unit dari pencapaian tahun lalu 13. 651 unit. Merek kedua asal Korea Selatan ini berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sampai 50,3 persen 2012 dibandingkan tahun sebelumnya 9.081 unit.

"Target ini (20.000) dari hasil yang kami capai tahun lalu (2012) dan kami mau mengulanginya lagi tahun ini," komentar Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia di Jakarta Barat, hari ini (14/3/2013). Secara umum, total pasar mobil baru di seluruh Indonesia masih diprediksi naik 5-10 persen menjadi 1,2 juta unit dari tahun lalu hanya 1,1 juta unit.

Kia mengaku masih mengandalkan model terlarisnya Picanto sebagai penopang utama penjualan tahun ini. Tahun lalu saja, kontribusinya mencapai 56 persen atau 7.675 unit. Meski tahun ini, banyak rival baru berdatangan di segmen ini, Kia mengaku masih optimis. Apalagi, Honda Brio baru saja mengumumkan kalau penjualannya berhasil menggeser Picanto dari puncak segmen city car di Indonesia.

"Memang kami tidak memungkiri kalau persaingan semakin ketat. Tetapi, sampai saat ini kami masih happy, biar bagaimanapun kue yang diperebutkan makin besar dengan masuknya pemain-pemain baru seperti Toyota Etios Valco, Honda Brio, Mitsubishi Mirage yang mulai masuk ke pasar," beber Hartanto.

Selain itu, di segmen sub kompak segmen B, Kia juga mengaku mendapat respon positif dari pasar dengan andalan Rio baru. Sepanjang tahun lalu, Rio berhasil terjual 3.234 unit naik 130,6 persen dari sebelumnya hanya 1.402 unit. "Masalah pasokan jadi kendala kami dari Korea Selatan, padahal kalau pasokan lancar setidaknya kita bisa menjual sampai 4.000 unit tahun lalu," tutup Hartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com