Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Mulai Jarang, Jangan Dulu Senang

Kompas.com - 06/03/2013, 14:45 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Curah hujan masih ada, meski terkadang tidak setiap hari. Bagi pemilik mobil jangan bersuka hati dulu, menjauhnya hujan justru perhatian sedikit di arahkan ke kendaraan Anda. Apalagi, keseringan disiram air dari langit mobil jarang dicuci, sehingga memunculkan bunyi -bunyi.  "Akhir-akhir ini banyak pelanggan yang mengeluh karena setiap buka-tutup pintu selalu bunyi," ujar Ade, punggawa Ade Motor di kawasan Karang Tengah, Jakarta.

Kondisi tersebut, lanjut Ade, hanya terjadi pada  mobil-mobil yang berusia lebih dari 5 tahun. Dan bunyi tersebut berasal dari engsel pintu yang tidak terlumasi dengan baik. Gemuk yang dipakai terkontaminasi oleh air dan kotoran sehingga daya pelumasan memudar. Air biasanya masuk dari celah antara pintu dengan fender. Lebih parah lagi jika ada kebocoran di dinding sepatbor yang mengakibatkan masuknya cipratan air dan membasahi engsel. Makin sering bergesekan menyebabkan timbulnya bunyi antara besi.

Untuk menghilangkan bunyi tersebut, menurut Ade tak perlu dibawa ke bengkel. Berikut langkah-langkah singkat untuk memperbaikinya.

1. Cari sumber suara denyitan. Bila sudah ketemu, kalau di pintu, buka sambil digoyang ringan. Lalu, bersihkan kotoran di engsel dengan disiram pakai air, kemudian lap bersih.

2. Agar lebih afdal semprotkan pembersih seperti WD40 ke engsel tersebut. Pastikan cairannya masuk hingga sela-sela engsel, termasuk mengena kotoran berupa pasir dan debu.

3. Setelah itu, usap menggunakan lap bersih dan biarkan hingga kering.

4. Lalu oles engsel tersebut menggunakan gemuk atau griss ke semua permukaan yang bergesekan.

5. Lakukan proses buka-tutup pintu untuk membantu meratakan polesan griss atau hingga bunyi gesekan tersebut hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com