Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib SUV Lambo dan Bentley Diputuskan Tahun Ini

Kompas.com - 17/01/2013, 13:53 WIB

Detroit, KompasOtomotif - Stephan Winkelmann, Chief Executive Officer Lamborghini akan memutuskan tahun ini apakah akan melanjutkan proyek sport utility vehicle (SUV) perdana Urus. Finalisasi studi terus dilakukan dalam beberapa bulan ke depan, jika diputuskan jalan, maka Urus mulai dipasarkan 2017.

"Akhir tahun ini akan ada keputusan pastinya. Tidak ada penundaan sampai saat ini, karena memang rencana peluncuran baru terjadi 2017. Tapi, nanti akan dipastikan lagi apakah tetap menggunakan target itu (2017) atau ada yang baru," komentar Stephan Winkelmann dilansir inautonews (16/1/2013).

Jika jadi diproduksi, Urus akan menggukanan beberapa pilihan platform seperti Bentley EXP 9 F, VW Touareg, Porsche Cayenne atau Audi Q7. Mesinnya mendapat pasokan dari Bentey, 6.0 liter W12 atau 4.0 liter V8 dengan estimasi banderol 200.000 dollar Amerika Serikat (Rp 1,9 miliar).

Bentley

Di sisi lain, merek premium Inggris-yang masih satu grup dengan Lamborghini-Bentley tengah menanti produksi SUV perdananya dalam beberapa pekan ke depan, disampaikan CEO Wolfgang Schreiber. Mobil ini pernah mejeng di ajang Geneva Motor Show tahun lalu dengan model konsep EXP9 F.

Schreiber berharap kelahiran SUV perdana Bentley ini bisa mendongkrak penjualannya dengan kontribusi sekitar 3.000-4.000an unit dengan banderol 140.000 euro (Rp 1,7 miliar) per unit. Tahun ini, Bentley Motors berharap bisa mendongkrak penjualan sampai dua digit, yang tahun lalu terjual 8.500 unit atau naik 21 persen berkat adanya peningkatan pasar di AS dan China masing-masing 23 persen.

"Tidak ada alasan untuk tidak memaksimalkan momentum ini," tegas Schreiber. Untuk menopang penjualan ini, Bentley akan menambah jumlah jaringan pemasaran 22 persen dalam dua tahun ke depan menjadi 215 lokasi di seluruh dunia. Tahun lalu, jumlah dealer baru naik 10 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com