Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
IIMS 2012

Geely Luncurkan Mobil Murah Rp 98 Juta

Kompas.com - 21/09/2012, 14:23 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati regulasi belum ditetapkan oleh pemerintah, PT Geely Mobil indonesia (GMI) sudah berani merilis mobil berkonsep Low Cost Green Car (LCGC) dalam IIMS 2012. Menggunakan basis Geely Panda, city car produksi China itu dibanderol Rp 98 juta, bahkan bisa dibawa pulang, tanpa uang muka!

Presiden Durektur GMI, Hosea Sanjaya, mengatakan bahwa konsep LCGC sebenarnya sudah jelas. Tinggal bagaimana sebuah produsen bisa menyediakannya. "Kan sudah ada kriterianya, di antaranya adalah mobil harus di bawah Rp 100 juta, dan konsumsi bahan bakarnya antara 18-20 km per liter. Kami sudah punya produknya," tegasnya.

Basis yang digunakan adalah model Geely LC Panda yang selama ini sudah banyak beredar di Indonesia. Mukanya sama persis, bedanya ada di kapasitas mesin yang dikurangi menjadi 998 cc VVTi, sementara Panda menggunakan mesin 1.300 cc. Mesin ini diklaim sangat irit, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 18 km per liter bensin.

Keyakinan GMI untuk meluncurkan produk yang dianggap LCGC ini sangat kuat. Karena jika dibandingkan dengan Astra-Toyota Agya atau Astra-Daihatsu Ayla yang masih menunggu regulasi pemerintah, produk Geely diklaim lebih lengkap. Teknologi mesinnya sudah VVTi, bahkan mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Meski demikian, mungkin salah satu syarat LCGC lainnya yang belum bisa dipenuhi adalah penggunaan komponen lokal yang mencapai 80 persen. Ditanya demikian, Hosea punya jawaban jitu. "Regulasinya kan belum turun. Geely kan sudah investasi 30 juta dollar AS untuk membangun pabrik di kawasan Jonggol. Saya yakin kami mampu memenuhi kriteria itu," jelasnya.

Di IIMS 2012 ini, Geely menghadirkan tujuh varian. Ada Geely Panda, Geely Emgrand, dan juga varian taksi. Varian sedan medium Geely Emgrand ditawarkan dengan harga Rp235 juta, dengan kapasitas mesin 1.800 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com