Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Baru Sudah Terima 700 Pesanan

Kompas.com - 12/07/2012, 20:19 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — PT Honda Prospect Motor (HPM) cukup percaya diri atas kehadiran Civic baru yang diluncurkan bulan lalu (20/6) di Jakarta. "Setelah sebulan diluncurkan, HPM sudah menerima pesanan 700-an unit. Itu menandakan bahwa konsumen masih percaya kepada produk tersebut," ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, di sela-sela acara media test drive di Senayan, Jakarta, Kamis (12/7).

Pihaknya kini tengah berusaha menambah pengiriman unit dari Thailand yang dirasa masih seret. "Kemarin kita baru menerima 350 unit, dan kalau tidak meleset Agustus akan datang 500 unit lagi. Kami juga berharap konsumen tidak menunggu lama untuk menerima mobil mereka," papar Jonfis.

Salah satu sedan andalan Honda ini dibanderol Rp 341 juta-Rp 406 juta atau lebih mahal Rp 2 juta dari model sebelumnya. Konsumen bisa memilih mesin 1,8 liter ataupun 2,0 liter, yang sama-sama mengusung teknologi SOHC i-VTEC. Masing-masing menyemburkan tenaga 141 PS dan 155 PS yang disalurkan melalui transmisi 5-percepatan otomatis dengan teknologi grade logic control dan shift hold control. Selain matik, transmisi bisa dialihkan ke model manual dengan fitur paddle shift pada lingkar kemudi.

ECON Mode

Meski kapasitas tergolong besar, dalam hal konsumsi bahan bakar mesin Civic cukup efisien berkat adanya fitur ECON Mode. "Meski kapasitas mesin besar, faktor efisiensi bahan bakar tetap kami perhatikan. Di situlah fungsi fitur ECON Mode," ujar Jonfis Fandy. Pihaknya berharap fitur ini bisa memenuhi keinginan konsumen yang doyan tenaga besar dan juga irit.

"Sekarang trennya sudah mulai bergeser, sebisa mungkin mesin yang dipakai kecil (kapasitas), tapi tenaga besar dan irit. Dulu, era 1990-an, Civic punya mesin 1,6 liter dengan tenaga sekitar 100 PS. Kini, Jazz dengan yang 1,5 liter justru tenaganya lebih besar, 120 PS. Nah, di situlah peran penting divisi pengembangan kami untuk mencetak mesin kecil tenaga besar, tetapi efisien," papar Jonfis.

Ketika ditanya kemungkinan Honda mengadopsi turbo pada mesin-mesin kecilnya, Jonfis mengakui pilihan tersebut sangat menarik. "Mungkin saja ke depannya kita akan menggunakan turbo sebagai solusi," lanjutnya. Honda sendiri sebenarnya sudah memasangkan turbo pada mesin 3-silinder berkapasitas 600 cc pada kei car berdesain kotak, N Box, dengan tipe S07A. "Kita tunggu saja keputusan prinsipal tentang proyek turbo ini," tutup Jonfis.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com