Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Produsen Mobil Pakai Siri dari Apple

Kompas.com - 12/06/2012, 12:30 WIB

Los Angeles, KompasOtomotif - Tiga produsen mobil, yakni Toyota, Honda dan General Motors telah mengkonfirmasi rencana mereka untuk mengintegrasikan Siri - teknologi kontrol suara - dari Apple Inc'S, yang digunakan pada iPhone ke dalam sistem konektivitas kendaraan masa datang. Juru bicara ketiga perusahaan menegaskan rencana itu kepada Automotivenews, Senin (11/6), setelah Apple membuat pengumuman di Worldwide Developers Conference di San Francisco, Amerika, beberapa waktu lalu.

Eksekutif Apple mengatakan bahwa lima produsen mobil lainnya, yakni Chrysler, Mercedes, Audi, BMW, dan Jaguar/Land Rover juga telah sepakat untuk memakai Siri ke dalam sistem hiburan di mobil mereka.

Teknologi Siri ini, untuk kendaraan yang kompatibel sangat memungkinkan pengemudi menelepon, mendikte SMS, mencari frekuensi lain dan menggunakan fungsi lain dengan cara iPhone dihubungkan ke kabel USB di dalam mobil.Nah, untuk mengaktifkan Siri cukup dengan menekan tombol di setir.

Lantas, pengemudi memerintahkan keinginannya melalui suara, semisal menelepon dengan tinggal menyebut nomor telepon yang dituju. Sistem ini sudah diterapkan pada Ford Fiesta yang dipasarkan di Indonesia.

Mata gratis
Selain itu, ada satu fitur baru lagi dari Siri disebut "Eyes Free". Fungsinya, membantu pengemudi menggunakan iPhone, tapi mata tetap menatap ke jalanan dengan memungkinkan pemilik selular mengontrol fungsi perangkat melalui Siri dengan mematikan layar seluler agar konsentrasi pengemudi tidak terganggu. Fitur ini akan dirilis sebagai bagian dari versi Apple terbaru dari perangkat lunak operasi mobile yang akan  ke luar musim gugur ini.

"Beberapa produsen mobil telah berkomitmen untuk memberikan Eyes Free Siri dalam 12 bulan mendatang," sebut Scott Forstall, Apple's Senior Vice Presiden of iOS. Dalam pidatonya itu, di latar belakangnya muncul logo-logo merek-merek mobil seperti GM, Toyota, Honda, Chrysler, Honda, Jaguar, BMW, Mercedes-Benz, dan Audi.

Ini menandakan lompatan pertama Apple masuk ke dalam industri otomotif, di mana perusahaan pembuat perangkat pribadi memberikan konsumen konektivitas dan info tergantung yang mereka inginkan.

GM tercatat sebagai produsen pertama yang akan mengadopsi teknologi itu pada Chevrolet Spark dan Sonic yang mereka sebut MyLink dan dipasang 2013. Informasi ini disampaikan olej juru bicara GM Scott Fosgard dan kendaraan mulai dipasarkan akhir tahun ini.

Sementara Toyota, menurut jubir Carly Schaffer, sedang bekerja dengan Apple, hanya tidak menyebutkan kapan Siri terpasang pada kendaraan Toyota. "Toyota dan Apple mengeksplorasi potensi untuk memperkenalkan Eyes Free ke mode Toyota, Lexus atau Scion.

Di pihak lain, Honda, melalui jubirnya Alicia Jones mengatakan bahwa Eyes Free Siri secara luas diterapkan pada Honda dan Acura pada masa mendatang dan akan diumumkan akhir tahun. Alicia menolak ketika ditanya Honda juga berencana meluncurkan teknologi serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com