Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Keselamatan Jalan Raya

Setiap Mobil Baru Harus Dilengkapi dengan Alat Komunikasi

Kompas.com - 30/04/2012, 15:37 WIB

Washington, KompasOtomotif -  NHTSA  Amerika Serikat segera mengeluarkan aturan agar setiap mobil baru harus menggunakan sistem komunikasi antar kendaraan di jalan raya. Tujuannya, untuk menurunkan kecelakaan di jalan raya. Berdasarkan hasil penelitian NHTSA, 4 dari 5 mobil yang dilengkapi denan alat komunikasi, bisa mencegah terjadinya kecelakaan.  

Menurut  David Strickland, Kepala NHTSA, kini mereka sedang memberi masukan kepada produsen mobil agar mau mempercepat pemasangan alat komunikasi tersebut pada seluruh kendaraan yang diproduksi. Pasalnya, saat ini, alat komunikasi antar mobil baru dipasang pada mobil mewah.

Alat komunikasi yang berkembang saat ini adalah automatic emergency braking (rem otomatis) dan lane departure warning (peringatan kepada pengemudi  agar tidak pindah jalur sesukanya). 

80 persen
Strickland percaya, dengan adanya alat komunikasi tersebut, kecelakaan bisa dikurangi rata-rata sampai 80 persen. Khususnya kecelakaan akibat kelalaian pengemudi dan jarak pandang yang terbatas. Dijelaskan pula, Institut Penelitian Transportasi Universitas Michigan sedang melakukan penelitian tentang teknologi komunikasi antar mobil dan akan digunakan sebagai acuan kebijakan NHTSA di masa yang akan datang.

NHTSA juga mempromosikan gerakan yang dilakukan oleh Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Australia (Australia NCAP: New Car Assessment Programme’s), untuk memperbaiki struktur pengujian safety assist technologies (SAT) pada mobil baru. Menurut CEO ANCAP, Nicholas Clarke, penggunaan teknologi tersebut bisa mengurangi  kecelakan di jalan raya sampai 75 persen pada 2030.

Kedua lembaga sepakat, mengurangi kematian di jalan dengan SAT. Dinformasikan pula, NHTSA telah menetapkan peraturan penggunaan kamera untuk mencegah kecelakaan saat pengemudi memundurkan mobilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com