Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota iQ Jago "Ngebut" di AS

Kompas.com - 27/04/2012, 09:46 WIB

Los Angeles, KompasOtomotif - Toyota iQ jago "ngebut" di Amerika Serikat. Maaf, ngebut yang dimaksud bukan melaju dengan kecepatan tinggi, melainkan penjualannya bagus. Hatchback yang dipasarkan di Amerika dengan nama Scion - merek milik Toyota di AS - ini mampu mencatatkan peningkatan penjualan sampai 19 persen pada kuartal pertama 2012. Rata-rata penjualan setiap bulan mencapai 840 unit, sesuai target yang ditetapkan Toyota 750-1.100 unit per bulan.

April ini, penjualan Scion iQ diprediksi kembali meningkat jadi 900 unit.Lonjakkan penjualan terjadi di beberapa kota di AS meliputi Texas, Florida, Georgia, Chicago, Philadelphia dan New York.

Desainnya yang unik dan hemat bahan bakar yang mencapai 60 kpl (bukan hibrida) membuat city car ini digemari kalangan anak muda di AS. "Mobil ini sebenarnya lebih untuk kendaran ketiga dalam keluarga, dan ditujukan bagi konsumen berpenghasilan lebih. Mobil ini punya rata-rata konsumsi paling baik di AS, bukan hibrida dan banyak orang memperhatikan itu," komentara Jack Hollis, Vice President Sales Scion, seperti dilansir bloomberg (26/4/2012).

Scion iQ dibandrol mulai 15.995 dollar AS (Rp 146,8 juta) dan mulai mendongkrak penjualan yang sempat "drop" pada tahun lalu cuma 49.271 unit dari pencapaian tertinggi 173.034 unit (pada 2006). Di pasar, ia bersaing dengan Daimler Smart Fortwo yang menawarkan konsumsi bahan bakar 15,3 kpl, Mini Cooper (13,2 kpl) dan Fiat 500 (14 kpl).
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com