Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasaran Performa All-New Honda CB150R Streetfire?

Kompas.com - 11/08/2015, 15:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak hanya disuguhi desain dan kenyamaan baru, calon pembeli Honda All-New CB150R Streetfire juga disodori performa mesin dan spesifikasi yang naik kelas. Penampilan yang semakin tajam disokong jantung pacu DOHC terbaru, diklaim lebih galak dan efisien. Saatnya dites!

Pengujian awal adalah performa mesin yang dijelaskan Large Project Leader CB150R R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center Kenji Kawai berbeda cukup jauh, baik dari segi torsi maupun tenaga. Ruang bakal disetel ulang hingga menoptimalkan performa di semua rentang putaran mesin.

Ketika digeber, mesin DOHC 149,16 cc itu cukup mengagetkan. Meski Kawai San mengatakan karakternya akan lebih galak di putaran menengah ke atas, namun yang KompasOtomotif rasakan torsinya sudah terasa di putaran bawah.

Tentu ini berbeda ketimbang versi lama yang cukup dikeluhkan pada putaran bawah. Menginjak putaran mesin 5.000-6.000, torsi besarnya semakin terasa. Untuk tarik-tarikan di awal sepeda motor ini tak kalah dengan sepeda motor sport 150 cc lainnya.

KompasOtomotif semakin keasyikan memainkan handel gas, tanpa disadari, ternyata tuas kopling yang empuk dan perpindahan gigi yang mudah mendukung semua sensasi itu.

Enteng

Kelebihan lain yang spontan terasa, adalah sepeda motor yang terasa semakin ringan. Kawai San menjelaskan bahwa sentralisasi bobot juga diperbarui (digeser agak ke tengah) untuk mendapatkan pengendalian yang lebih baik.

KompasOtomotif terasa naik sepeda motor sport kecil dan menduduki bobot diri sendiri, yang didapati bahwa sepeda motor mudah dikontrol alias penurut. Hal itu didukung sasis model teralis yang juga dikatakan mendapat improvement untuk membuat sepeda motor semakin lincah.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Semua lampu menggunakan LED.
Kenyamanan didukung dengan berbagai ubahan, termasuk misi mereduksi getaran. Pantas, CB150R terbaru semakin terasa smooth saat digeber dengan rpm tinggi. Ternyata berkat adanya tambahan pegangan berbahan aluminium pada sasis bagian bawah.

Mantap

Pengendalian semakin mantap ketika Honda menggunakan ban dengan profil lebih besar. Ukuran ban baru, 110/80-17 dan 130/70-17. Pelek menggunakan ukuran lebar 2,50 dan 3,50. Ban lebih besar didukung suspensi depan teleskopik dan belakang monosok pro-link. Karakter empuk dan nyaman khas Honda tetap didapat. Semua itu didukung cakram rem lebih lebar di bagian depan.

Rupanya Honda berhasil menaikkan kelas CB150R Streetfire untuk bertanding dengan Yamaha yang juga memperbarui penampilan New V-ixion. Mereka berdua kini semakin setara, tinggal pasar yang menentukan hasilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com