Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Toyota Innova Zenix Hybrid dengan Pelat RI 2

Kompas.com - 28/10/2024, 16:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil kepresidenan milik pemerintah RI tidak selamanya mengandalkan Mercedes-Benz S-Class. Toyota Zenix Hybrid juga digunakan menjadi mobil dinas Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @temanpolisi, Senin (28/10/2024), terlihat rombongan Wapres RI dikawal ketat oleh Paspampres. Terlihat Innova Zenix berwarna putih berada di tengah-tengah rombongan.

Di belakang Innova Zenix juga terlihat ada Mercedes-Benz S600 Guard yang memakai pelat nomor RI 2, tidak diketahui posisi Wapres RI tersebut ada di mobil mana.

Baca juga: Mobil Dinas Terakhir yang Dipakai Joko Widodo Saat Jadi Presiden RI

MPV hybrid tersebut sudah menggunakan pelat nomor khusus dengan kode "RI 2". Pada kesempatan yang lain, sempat terlihat juga mobil tersebut masih menggunakan pelat nomor bertuliskan "INDONESIA 2".

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Teman Polisi Indonesia (@temanpolisi)

Beberapa waktu lalu, sewaktu kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Innova Zenix juga digunakan untuk mengantar tamu negara tersebut. Mantan Presiden RI Joko Widodo juga sempat menggunakan Innova Zenix saat ada kunjungan Paus Fransiskus.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, informasi yang didapat oleh Toyota adalah unit tersebut milik Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) yang memang sudah mereka miliki cukup lama.

Baca juga: Penjualan Hybrid Melambat September 2024, Innova Zenix Menang Mutlak

"Tidak ada pesanan khusus Kijang Innova Zenix untuk mobil kepresidenan kepada TAM. Jadi, ini unit yang berbeda dengan yang digunakan untuk Paus Fransiscus ketika hadir di Jakarta," ujar Anton, saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/10/2024).

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia.KOMPAS.com/ERIKA DINO Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia.

Innova Zenix Hybrid sendiri dibekali dengan mesin 4-silinder, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.987 cc. Fitur keamanan dan keselamatannya meliputi airbag, Immobilizer, dan lainnya. Selain itu, sudah ada fitur bantuan pengemudi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Saat ini, Innova Zenix dipasarkan mulai Rp 477,6 juta (OTR Jakarta) hingga Rp Rp 633,6 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau