Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Motor Karbu Bekas?

Kompas.com - 23/10/2024, 19:41 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli motor karburator bekas bisa menjadi pilihan ekonomis bagi mereka yang ingin kendaraan roda dua dengan harga lebih terjangkau.

Namun, karena usia kendaraan dan teknologi yang digunakan sudah lebih tua dibanding motor injeksi, ada beberapa hal penting yang harus diperiksa agar tidak menyesal di kemudian hari.

Menurut Ivan, pengelola Babay Motor, salah satu aspek utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi karburator itu sendiri.

Baca juga: Honda CBR150R Punya Warna Baru, Harga Tidak Berubah

Karburator adalah jantung dari motor ini. Kalau kondisinya tidak baik, motor bisa boros bahan bakar dan tarikannya tidak responsif,” kata Ivan kepada Kompas.com, Rabu (23/10/2024).

Ivan juga menekankan pentingnya memeriksa apakah karburator sudah pernah disetel ulang atau diganti.

“Kalau karburator sudah pernah diganti, pastikan menggunakan komponen asli atau aftermarket yang berkualitas. Cek apakah ada kebocoran atau kerak di area karburator yang bisa mempengaruhi performa mesin. Tanda-tanda kerusakan pada karburator bisa berupa suara aneh saat mesin menyala, atau bahkan asap berlebihan dari knalpot,” kata Ivan.

Ilustrasi merawat motor BeAT karbu.kompas.com Ilustrasi merawat motor BeAT karbu.

Selain karburator, pembeli juga harus memastikan bahwa komponen lain seperti kelistrikan, oli mesin, dan sistem pendingin bekerja dengan baik.

“Kalau motor karburator sudah sering mogok atau sulit dihidupkan, itu bisa jadi tanda ada masalah di karburator atau sistem bahan bakarnya. Sebagai contoh, bila motor kesulitan dihidupkan setelah parkir lama, bisa jadi ada masalah pada sistem aliran bahan bakar,” kata Ivan.

Baca juga: Tanpa Remap ECU, Begini Cara Bikin Akselerasi Scoopy Lebih Responsif

Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan berkonsultasi dengan mekanik yang dipercaya, calon pembeli bisa mendapatkan motor karbu bekas yang masih layak pakai dan mampu memberikan performa yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau