Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara AHM Saring Pelajar dan Guru Unggulan dari SMK Binaan

Kompas.com - 23/10/2024, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang terdiri dari 26.917 pelajar dan 2.615 guru, berkompetisi di bidang vokasi otomotif roda dua dalam seleksi Festival Vokasi Satu Hati (FEVOSH) 2025 tingkat regional.

Ajang ini dibuat sebagai kompetisi sekaligus kalibrasi penyerapan kurikulum Teknik Sepeda Motor Astra Honda (TSM) pada pelajar dan guru di SMK mitra binaan AHM, yang menggandeng 27 main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Kompetisi dilakukan dengan menuntaskan rangkaian uji kompetensi sesuai Kurikulum Merdeka Teknis Sepeda Motor untuk menjadi finalis tingkat nasional. Dari hasil seleksi tingkat regional, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik yang mempersiapkan diri mengikuti uji kompetensi tingkat nasional pada Februari 2025.

Baik peserta didik dan guru, dipacu dengan berbagai materi uji yang mencakup pengenalan alat, pengukuran, perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda. Selain itu, peserta guru ikut diuji terkait teknik mengajar yang tepat sasaran dan menyenangkan bagi siswa.

Baca juga: Simak Spesifikasi Hyundai Santa Fe yang Bakal Meluncur Besok

Festival Vokasi Satu Hatu (FEVOSH) 2025AHM Festival Vokasi Satu Hatu (FEVOSH) 2025

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, FEVOSH merupakan bagian dari semangat Sinergi Bagi Negeri pada dunia pendidikan.

Program monitoring dan kalibrasi turut dilakukan secara konsisten guna menciptakan SDM unggul di industri sepeda motor.

"Kami terus berkomitmen menghasilkan generasi unggul dengan mendorong hadirnya pendidikan berkualitas melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Link and Match dunia pendidikan dan industri, kami hadirkan melalui dukungan sarana fasilitas sekolah dan kurikulum yang selaras dengan standar dunia industri," ujar pria yang akrab disapa Muhib dalam keterangan resminya, Rabu (23/10/2024).

Sebagai aprsesiasi, AHM akan memberikan penghargaan bagi 3 peserta terbaik setiap kategori pelajar dan guru. Selain itu, kepada SMK mitra binaan terbaik dalam implementasi kurikulum TSM Astra Honda, Tempat Uji Kompetensi (TUK), tingkat serapan lulusan SMK dan Main Dealer pembina program vokasi terbaik.

Baca juga: Pengamat Transportasi Minta Menhub yang Baru Tangani Masalah ODOL

Pada puncak FEVOSH 2025, AHM akan memberikan penghargaan hingga total hadiah ratusan juta rupiah bagi pemenang dan dana pendidikan kepada seluruh peserta finalis nasional.

Siswa terbaik juga akan mendapatkan beasiswa prestasi Astra berupa kesempatan kuliah dengan bebas biaya pendidikan di Politeknik Astra.

Festival Vokasi Satu Hatu (FEVOSH) 2025AHM Festival Vokasi Satu Hatu (FEVOSH) 2025

Total, sampai saat ini AHM membina 710 SMK TSM Astra Honda yang tersebar di 293 kota atau kabupaten di 36 provinsi di Indonesia. AHM juga menghadirkan 112 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang mensertifikasi kompetensi siswa sebelum masuk dunia kerja, serta fasilitas Teaching Factory (TEFA) di 21 SMK Mitra Binaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau