Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Mobil yang Masih Bisa Dipakai Kenapa Harus Diganti?

Kompas.com - 14/10/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Ada banyak komponen mobil kerap disarankan oleh pihak bengkel agar diganti, padahal secara fungsi komponen tersebut masih bisa dipakai dan tidak bermasalah.

Komponen yang dimaksud adalah onderdil fast moving, yakni part yang bakal habis masa pakainya seiring waktu dan pemakaian. Seperti, busi, filter udara, oli, filter oli, kampas rem dan sejenisnya.

Lantas, apa tujuan penggantian komponen yang masih bisa dipakai tersebut?

Baca juga: Pemerintah Perlu Evaluasi Fenomena Praktik Oknum Bengkel Nakal


Hermas Efendi Prabowo, Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) mengatakan semua komponen mobil memiliki usia pakai, sehingga bila sudah habis masanya sebaiknya diganti meski secara fungsi masih bisa dipakai.

“Ada indikasi bahwa komponen tersebut memerlukan peremajaan, ketika masa pakainya sudah habis, misal elektroda busi sudah tipis, kan harus diganti meski secara fungsi masih bisa dipakai,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2024).

Hermas mengatakan, saran penggantian dari pihak bengkel bertujuan sebagai langkah preventif atau antisipasi agar di kemudian hari tidak terjadi masalah di jalan.

Baca juga: Ini Hak Konsumen Ketika Melakukan Servis Kendaraan di Bengkel

Imun, mantan mekanik Ford resmi sekaligus Pemilik bengkel spesialis Ford di Trucuk, KlatenKompas.com/Erwin Setiawan Imun, mantan mekanik Ford resmi sekaligus Pemilik bengkel spesialis Ford di Trucuk, Klaten

“Sementara konsumen, kebanyakan hanya memandang dari segi kegagalan fungsi suatu komponen, selama masih bisa bekerja dianggapnya komponen tersebut tak perlu diganti,” ucap Hermas.

Padahal, menurut Hermas, bengkel yang baik harus bisa menawarkan atau menginformasikan langkah antisipasi terkait apa penyebabnya, ketika komponen yang hampir habis masa pakainya itu tidak segera diganti.

“Sebagai contoh ditemukan radiator mobil sudah ada korosi, umurnya sudah 15 tahun, sebagai bengkel yang baik maka harus memberikan informasi ke konsumen untuk segera menggantinya,” ucap Hermas.

Baca juga: Jangan Segan Minta Bukti ke Bengkel kenapa Mobil Harus Turun Mesin

Ilustrasi radiator testerGardaoto Ilustrasi radiator tester

Pasalnya, menurut Hermas, akan ada masalah lain ketika kondisi tersebut tidak diinformasikan dan segera diperbaiki. Seperti, mesin mengalami overheating di tengah perjalanan dan sebagainya.

Nah itu lah, alasan kenapa pihak bengkel menyarankan penggantian onderdil mobil sebelum komponen mengalami kegagalan fungsi, di luar dari adanya tuntutan penjualan sparepart oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau