Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Akselerasi BAIC BJ-40 Plus Pakai Racelogic

Kompas.com - 14/10/2024, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BAIC resmi menghadirkan BJ-40 Plus pada ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2024. SUV dengan desain boxy ini dibanderol dengan harga Rp 783.000.000 On The Road (OTR) Jakarta.

Secara tampilan, BJ-40 Plus tampak gagah dengan desain yang sekilas mirip dengan Jeep Wrangler, namun detailnya tidak sama persis. Gril depan aksen krom contohnya, dibuat lebih pipih dengan jumlah lima lubang, dipadukan dengan lampu utama berbentuk kotak.

Tak hanya dibekali eksterior yang kekar, interior BJ-40 Plus turut menghadirkan kesan sporty khas mobil offroad. Kabin BAIC BJ-40 Plus didominasi dengan warna hitam. Joknya dibalut dengan kulit, begitu pula dengan setir, dasbor dan door trim di baris depan.

Baca juga: Tim Balap Ini Beli Mobil Baru dan Rekrut Rizal Sungkar

Sekilas interior BAIC BJ-40 Plus juga tampak mirip dengan Jeep Wrangler, hal ini terlihat dari kisi-kisi AC yang berbentuk bulat, setir palang tiga serta head unit dengan dimensi yang tidak begitu besar.

Urusan hiburan, BAIC BJ-40 Plus dibekali layar head unit yang sudah terintegrasi radio dan bluetooth. BJ-40 Plus belum dibekali konektivitas Apple CarPlay maupun Android Auto.

Hasil akselerasi BAIC BJ-40 PlusKompas.com/Nanda Hasil akselerasi BAIC BJ-40 Plus

Data di atas kertas, BAIC BJ-40 Plus mengusung mesin 2.000 cc turbo in-line 4 cylinder 16 valve, yang mampu menghasilkan tenaga 221 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 380 Nm pada 1.750-4.500 rpm.

Redaksi pun mencoba mengukur seberapa cepat akselerasi BAIC BJ-40 Plus dengan alat Racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS. Pada alat tersebut bisa tercatat akselerasi dari 0-60 kilometer per jam (kpj) dan 0-100 kpj.

Baca juga: Mengaku Tidak Puas, Quartararo Masih Pilih Setia dengan Yamaha

Hasilnya, waktu yang didapat untuk 0-60 kpj adalah 6,2 detik. Sedangkan untuk akselerasi 0-100 kpj, didapatkan waktu 14 detik.

Waktu yang dihasilkan memang tidak cukup cepat, namun tidak bisa dibilang lambat, mengingat bobot kendaraan yang sekitar 2 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau