Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MGPA Bantah Salah Pakai APAR Saat Padamkan Motor Marquez yang Terbakar

Kompas.com - 30/09/2024, 13:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menyebutkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang digunakan oleh marshal MotoGP Indonesia 2024 salah. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai promotor lokal memberikan tanggapannya.

Pada balapan utama yang digelar Minggu (29/9/2024), motor Ducati Desmosedici GP23 milik Marquez mengalami kegagalan mesin. Dia pun terpaksa keluar trek dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Baca juga: Motor Marquez Rusak Total gara-gara APAR yang Digunakan Salah

Saat sedang keluar trek, bagian bawah motor Marquez mulai mengeluarkan api. Marquez yang menyadarinya langsung turun dari motor.

 

Terlihat dia menjatuhkan motor dan lalu langsung disemprot oleh marshal menggunakan APAR yang ada. Namun, menurut Marquez, APAR yang digunakan salah dan malah membuat motornya rusak total.

Marquez mengatakan, ketika dia melihat asap putih, dia segera memeriksanya dan sangat disayangkan karena alat pemadam kebakaran, yang digunakan oleh marshal di sini bukan yang benar dan motornya benar-benar rusak, semuanya, termasuk rem.

"Sangat disayangkan bagi tim karena bagi tim privat, ini adalah biaya yang besar. Tapi, salah satu hal adalah alat pemadam kebakaran haruslah yang tepat, atau yang berteknologi terbaru, karena jika tidak, Anda akan merusak motor," ujar pebalap Gresini Racing tersebut, dikutip dari Crash.net, Senin (30/9/2024).

Baca juga: Live MotoGP Indonesia 2024, Motor Marc Marquez Terbakar

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, mengatakan, soal APAR yang digunakan sudah menjadi aturan mutlak dari FIM. Jika aturan tersebut tidak diikuti, maka Sirkuit Mandalika tidak akan mendapatkan homologasi.

"Sebagai masukan bagi kita semua bahwa, sesaat sebelum race, sirkuit kita telah dihomologasi, di mana salah satunya adalah APAR dan kita lulus grade A. Artinya apa? Kita telah memenuhi semua standar yang dipersyaratkan oleh FIM dalam melaksanakan balapan roda dua MotoGP," ujar Priandhi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/9/2024).

Priandhi menambahkan, kalau ada permintaan dari pebalap untuk mengganti jenis APAR-nya, maka bisa dilakukan jika FIM menerbitkan aturan baru sebagai rujukan homologasi sirkuit.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2024

"Selagi hanya wacana di media tanpa follow up dari FIM dalam bentuk regulasi, maka menurut hemat kami, kita hanya perlu jawab secara diplomatis bahwa kita menunggu report dari FIM," kata Andhi.

Pada aturan yang dikeluarkan oleh FIM, disebutkan bahwa tiap pos marshal yang berjaga harus dilengkapi dengan dua APAR jenis bubuk polivalen atau ABC masing-masing 6 kg. Selain itu, direkomendasikan juga adanya satu APAR tipe busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) ukuran 1 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau