Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bastianini Sebut Manuver terhadap Martin Terpaksa Dilakukan

Kompas.com - 23/09/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enea Bastianini melakukan manuver cukup kontroversial pada MotoGP Emilia Romagna 2024 yang digelar di Sirkuit Misano, Italia. Bastianini yang berhasil menang mengaku terpaksa melakukannya kepada Jorge Martin.

Pada lap terakhir, Bastianini menyalip Martin yang sedikit melebar. Bastianini yang menyalip dari dalam menyenggol Martin hingga membuat pebalap Pramac Racing tersebut ke luar trek.

Baca juga: Gaya Balap Mirip Acosta, Bastianini Bakal Mudah Adaptasi di KTM

Meskipun banyak yang menilai manuver tersebut cukup agresif, FIM Stewards tidak mengambil tindakan apa pun terkait insiden antara Bastianini dan Martin.

"Menyalip ini sangat sulit, tetapi ketika Anda memiliki kesempatan untuk memenangkan balapan, Anda harus melakukannya,” ujar Bastianini, dikutip dari Crash.net, Minggu (22/9/2024).

“Anda harus masuk. Ya, itu sedikit di batas tetapi pada akhirnya itu adalah satu-satunya pilihan. Sebab, tanpa kemungkinan ini tidak mungkin bagi saya, karena di sisa lintasan, Martin sangat bagus dan merupakan satu-satunya kemungkinan bagi saya," kata Bastianini.

Baca juga: Martin Waspadai Bagnaia dan Bastianini dalam Perebutan Juara Dunia

Bastianini menambahkan, mungkin momen tersebut adalah satu-satunya kesempatan bagi dirinya bisa menyalip Martin. Sebab, di sisa sektor lainnya, Martin sangat kuat.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna2024Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna2024

"Saya tidak tahu mengapa, tetapi di akhir lintasan lurus saya selalu tertinggal 0,2 detik, 0,3 detik. Itu adalah satu-satunya kesempatan untuk mencoba memenangi balapan,” ujar Bastianini.

Dengan kemenangan ini, Bastianini berhasil menggeser Marc Marquez ke peringkat keempat. Bastianini merebut peringkat ketiga dan hanya tertinggal dari 59 poin dari Martin.

“Ini adalah emosi yang besar tentang kemenangan ke-100 untuk Ducati, dan juga karena saya menyalip di depan klub penggemar saya dengan awan merah muda. Rasanya sangat menyenangkan. Ini adalah hari yang indah bagi saya, kata Bastianini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau