Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Balap Mirip Acosta, Bastianini Bakal Mudah Adaptasi di KTM

Kompas.com - 04/09/2024, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber GPone


JAKARTA, KOMPAS.com - Musim depan Enea Bastianini pindah dari Ducati Lenovo dan akan membela tim KTM Tech3. Pebalap asal Italia itu akan kembali bertemu dengan Alberto Giribuola.

Giribuola merupakan mantan kelapa kru Bastianini di Gresini Racing. Keduanya kemudian berpisah saat Bastianini dipromosikan ke tim pabrikan Ducati Lenovo.

Giribuola sendiri merupakan mantan mekanik Andrea Dovisioso saat di Ducati. Dia sekarang bekerja di KTM sebagai analis dan juga mengurus pengembangan motor KTM RC16 bersama direktur teknik KTM.

Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Giribuola yang tahu kapasitas Bastianini yakin bahwa pebalap berambut keriting itu dapat dengan mudah adaptasi dengan motor barunya musim depan.

Bukan hanya karena teknis motor yang bisa dibilang menyaingi Ducati Desmosedici GP24 tapi juga karena gaya balap Bastianini mirip Pedro Acosta yang musim depan pindah ke tim Red Bull KTM.

“Mereka berdua eksploitasi di bagian pengereman dengan sangat baik, mereka ingin bagian depan yang solid dan RC16 bekerja dengan baik jika pakai cara itu,” kata Giribuola dilansir dari GPOne, Rabu (3/9/2024).

“Pada akhir 2022 kami pernah bergurau bahkan kami akan bertemu di boks (pit) berbeda di masa depan, dan sekarang itu terjadi,” ujarnya.

Baca juga: Marc Marquez Bidik Posisi Tiga Besar di Akhir Musim 2024

Namun bukannya Bastianini bisa langsung klop dengan motor barunya nanti. Giribuola mengatakan, KTM RC16 punya karakteristik yang berbeda dibanding motor Ducati.

Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

“Menurut pendapat saya di awal Enea harus bekerja keras karena ini adalah motor yang berbeda. Jadi dia perlu mengembangkan gaya balapnya,” ujar Giribuola.

Baca juga: GBK Hanya Boleh Turunkan Penumpang, Ini Lokasi Parkir Bus Misa Akbar

Giribuola mengatakan di KTM Tech3 musim deoan Bastianini bisa sedikit santai sebab tim ini berbeda dengan tim pabrikan apalagi tim pabrikan Ducati. Secara nuasan mungkin mirip-mirip dengan Gresini Racing.

“Saya bisa bilang di Tech3 Anda bisa sdikit santai, setidaknya tidak terlalu banyak tekanan, walaupun pada dasarnya ini tetap tim official, mendapat support yang saya seperti tim pabrikan,” katanya.

“Saya rasa kami akan bisa melakukannya sebaik waktu Enea berasa di Gresini,” ungkap Giribuola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau