Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Besar dan Bus yang Masuk Tol Solo-Jogja Wajib Keluar di GT Polanharjo

Kompas.com - 23/09/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Ruas Jalan Tol Solo-Jogja sesi 1, Kartasura-Klaten secara resmi mulai beroperasi, Jumat (20/9/2024) pukul 00.00 WIB. Sementara selama dua pekan, terhitung sejak peresmian tarifnya masih gratis.

Bagi pengendara bus dan truk besar dengan tujuan Yogyakarta dan sekitarnya, bisa melanjutkan perjalanan lewat GT Colomadu, dan wajib keluar di GT Polanharjo Km 13.

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok mengatakan pengendara truk besar dan bus diharapkan memperhatikan rambu-rambu yang sudah disediakan terkait akses keluar tol.

Baca juga: Sederet Tempat Wisata di Sekitar Tol Solo-Klaten yang Telah Beroperasi


“Meski ruas tol Solo-Jogja sesi 1 berakhir di GT Klaten/Ngawen, pengendara truk besar dan bus diimbau untuk keluar di GT Polanharjo/Kuncen Km 13, jalur tersebut memiliki akses lebih memadai dan terhubung langsung dengan jalan provinsi Solo-Jogja,” ucap Riki kepada Kompas.com, Minggu (22/9/2024).

Riki mengatakan, sementara keluar dari GT Klaten atau exit Ngawen, cenderung membuat pengendara bus dan truk besar masuk ke area kota Klaten, terlebih lagi mengikuti Google Maps.

“Sesuai peraturan, truk besar dan bus tidak diperkenankan masuk kota, mereka tidak diperkenankan lewat jalan Pemuda, melainkan lewat jalan Diponegoro,” ucap Riki.

Baca juga: [POPULER PROPERTI] Jumat Ini, Tol Solo-Klaten Bisa Dilintasi

Rambu exit tol Solo Jogja sesi 1 untuk truk dan busIST Rambu exit tol Solo Jogja sesi 1 untuk truk dan bus

 

Riki mengatakan, akses jalan Diponegoro dari arah tol Colomadu akan lebih mudah dijangkau truk besar dan bus yang sudah berada di jalan Solo-Jogja sejak Exit GT Polanharjo/Kuncen.

“Ada rambu-rambu cukup jelas saya kira, pihak pengelola jalan tol sudah memasangnya, saya harap pengendara bisa mentaati imbauan tersebut demi kelancaran dan kenyamanan bersama,” ucap Riki.

Riki mengatakan patroli rutin akan diadakan oleh pihak kepolisian sebagai langkah antisipasi. Petugas juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait rekayasa lalu lintas di area Klaten yang ingin mengakses jalan tol baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau