Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Sabuk Baja CVT

Kompas.com - 23/09/2024, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sistem transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), terdapat sabuk baja yang menjadi salah satu komponen utamanya. Sabuk baja pada CVT Toyota diklaim sangat awet, tapi perlu diketahui bagaimana cara perawatannya.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, mengatakan, sabuk CVT pada Toyota terbuat dari baja khusus yang dirancang khusus pula untuk segala putaran. Bentuknya seperti rantai motor yang tersusung lebih dari empat lapis.

Baca juga: Penyebab Bunyi Jedug pada Transmisi CVT

"Jadi, kemungkinan untuk putus sangatlah kecil, bahkan cenderung tidak ada. Sampai sekarang kita belum pernah kedatangan kendaraan Toyota dengan keluhan akar masalahnya rantai CVT putus. Jadi, untuk gejalanya kita tidak bisa menyatakannya," ujar Suparna, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sabuk baja pada CVT rusakKompas.com/Erwin Setiawan Sabuk baja pada CVT rusak

Suparna menambahkan, penyebab kerusakannya juga tidak bisa dideteksi, karena memang hampir belum pernah terjadi.

"Masalah CVT malfungsi terbanyak justru dari tekanan oli yang sudah tidak memenuhi persyaratan kerja dari komponen-komponen CVT itu sendiri. Biasanya, ini disebabkan oleh durasi pemakaian dari pompa oli dan torque converter-nya," kata Suparna.

Baca juga: Jangan Asal Injak Pedal Gas Mobil Matik CVT Saat di Tanjakan

"Selain itu, juga masa pakai oli matik yang durasi penggantiannya lebih dari 80.000 km. Oli matik yang tidak pernah diganti pasti akan mengalami degradasi kualitas dan tentu sudah tidak bersih lagi, karena mengandung logam-logam akibat gesekan kerja dar mekanikal yang ada di CVT itu sendiri," ujarnya.

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Maka itu, Suparna mengatakan, interval penggantian oli matik sangat dianjurkan paling lambat setiap 80.000 km sekali atau paling lama empat tahun sekali.

"Biasanya kerusakan sabuk baja CVT karena usia dan pemakaian yang abnormal. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengganti oli transmisi dan pemakaiannya jangan dipaksa," kata Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau