Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Frustrasi Usai Crash di MotoGP Emilia Romagna 2024

Kompas.com - 23/09/2024, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia yang berniat menyelesaikan seri ke-13 MotoGP 2024 di Emilia Romagna dengan nilai sempurna, usai kemenangan pada sesi Sprint Race sehari sebelumnya mengaku frustrasi.

Pasalnya, pebalap Ducati yang memulai laga dari posisi terdepan terkait terpaksa keluar dari arena sirkuit usai mengalami crash di tikungan ke 8 saat balapan tersisa tujuh putaran lagi.

"Saya sangat frustrasi dan marah karena hal itu tak seharusnya terjadi dalam kejuaraan. Tapi ya begitulah adanya," kata dia dikutip Motogp.com, Minggu (22/9/2024).

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2024, Drama Enea dan Martin, Bagnaia Crash

Selebrasi Francesco Bagnaia usai memenangi Sprint Race MotoGP Austria 2024 di Sirkuit Red Bull Ring, 17 Agustus 2024. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Austria 18 Agustus 2024.  (Photo by Jure Makovec / AFP)AFP/JURE MAKOVEC Selebrasi Francesco Bagnaia usai memenangi Sprint Race MotoGP Austria 2024 di Sirkuit Red Bull Ring, 17 Agustus 2024. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Austria 18 Agustus 2024. (Photo by Jure Makovec / AFP)

Lebih lanjut, ia bercerita kala itu sedang menempati posisi ketiga tepat berada di belakang Jorge Martin dan Enea Bastianini. Ia mengalami perlambatan tiba-tiba karena merasakan ban belakang motornya bergetar di beberapa tikungan.

Menyadari kelemahan Bagnaia, Martin dan Bastianini melaju melewati pada lap ke-4 dari 27, kemudian menjauh.

"Setelah start, saya percaya bisa mengatur ritme dan mengendalikan jarak dengan pebalap lain. Tapi saya menghabiskan banyak waktu pada akselerasi," kata dia.

"Saya kehilangan kendali di bagian belakang pada lap pemanasan di tikungan terakhir. Kemudian saya kehilangan kendali di bagian belakang pada lap pertama di tikungan 13," lanjut Bagnaia.

Setelah ban belakang jenis medium, yang digunakan semua kecuali Marco Bezzecchi mulai berfungsi, Bagnaia mulai mengejar para pemimpin.

Namun, itu berakhir dengan bencana ketika dirinya gagal mengerem saat hendak melintasi tikungan ke-8.

Baca juga: Beda Sanksi Tilang Tidak Bawa SIM dan Tidak Punya SIM

"Saya sudah mengalami beberapa masalah dengan ban depan sejak awal laga jadi meskipun ban belakang mulai membaik, saya tetap berhati-hati saat melakukan pengereman," kata dia.

"Saya mengerem 18 -20 meter lebih awal dibandingkan dengan lap tercepat saya. Semuanya terasa cukup aneh hari ini, tetapi ini sudah terjadi pada kami dua kali (masalah ban) dalam tiga Grand Prix terakhir, jadi mungkin ini akan terjadi pada orang lain berikutnya," ucap Bagnaia.

“Gampang untuk mengatakan bahwa saya bisa saja menyelesaikan di posisi ketiga, tetapi ketika Anda memiliki potensi, memiliki kecepatan dan bisa mengendalikan kecepatan, dan kemudian Anda terjatuh. Sangat disayangkan," lanjut Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau