Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Motor Indonesia Buka Peluang Rakit Lokal Cyberster

Kompas.com - 19/09/2024, 20:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua dari tiga mobil listrik MG yang dipasarkan di Indonesia sudah dirakit secara lokal. Hanya Cyberster yang statusnya masih Completely Built Up (CBU), tapi tidak menutup kemungkinan akan dirakit juga di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Head of Marketing MG Motor Indonesia Muhamad Irvan Mustafa. Menurutnya, bisa saja Cyberster dirakit secara lokal, seperti New ZS EV dan MG 4 EV. Namun, untuk saat ini belum ada rencana untuk melakukannya.

Baca juga: Mobil Listrik Roadster MG Cyberster Meluncur di GIIAS 2024

"Belum, untuk saat ini. Tapi, mungkin saja, tidak menutup kemungkinan. Sebab, kita juga melihat dari penerimaannya. Kita akan lihat, kalau memang penerimaannya di sini juga besar, kenapa tidak (CKD)," ujar Irvan, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Roadster Listrik MG Cyberster Roadster Listrik MG Cyberster

"Sebab, memang fokusnya saat ini CKD untuk MG 4 EV dan ZS EV, yang sifatnya produksi massal dulu. Kita belum bicara Cyberster untuk diproduksi massal. Tapi, kalau memang ke depannya di manajemen dan internal bisa melihat layak untuk di-CKD, ya kenapa tidak," kata Irvan.

MG 4 EV juga awalnya dipasarkan di Indonesia dengan diimpor secara utuh alias CBU dari Thailand pada pertengahan 2023. Kemudian, baru pada awal 2024 akhirnya mobil listrik tersebut dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, di fasilitas milik SAIC Motor.

Baca juga: Spesifikasi MG Cyberster yang Meluncur di GIIAS 2024

MG Cyberster Carnewschina MG Cyberster

Saat masih berstatus CBU, MG 4 EV harganya Rp 699,9 juta (OTR Jakarta). Lalu, setelah CKD, harganya turun Rp 267 juta, menjadi Rp 433 juta (OTR Jakarta). Harga tersebut tentunya sudah termasuk insentif yang diberikan pemerintah.

Saat ini, Cyberster dibanderol dengan Rp 1,688 miliar (OTR Jakarta). Jika sudah dirakit secara lokal, tidak menutup kemungkinan juga harganya akan turun cukup jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau