Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perspektif Desain Zeekr Bertarung di Segmen Mobil Premium

Kompas.com - 15/09/2024, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SHANGHAI, KOMPAS.com - Zeekr sedang bersiap untuk meluncurkan dua model baru di Indonesia. Merek mobil listrik asal China itu akan meluncurkan Zeekr X dan Zeekr 009 pada akhir 2024.

Berbeda dengan beberapa merek China lain yang sudah eksis di Indonesia, Zeekr mencari ceruk pada segmen premium, yang selama ini diisi oleh merek-merek yang sudah mapan dari Eropa atau Jepang.

Baca juga: Hyundai dan GM Jalin Kerjasama, Siap Bikin Mobil Baru

Pertanyaannya sebagai merek yang masih baru, dari pespektif desain apa yang ingin disampaikan oleh merek Zeekr ke konsumen? 

Zeekr 7XFoto: Damar Zeekr 7X

Sebab desain merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah produk. Sebagai contoh, Mercedes Benz dapat disebut lebih mengarah pada kemewahan, sedangkan BMW lebih ke arah sporty.

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design di Shanghai, China, mengatakan, perspektif desain Zeeker adalah mobil mewah yang punya teknologi tinggi di dunia mobil listrik.

Baca juga: Mitsubishi Triton Terbaru Diklaim Lebih Hemat Biaya Perawatan

“Jadi dari perspektif desain, kami berfokus pada persepsi high end dan teknologi tinggi dari perspektif Alexan,” kata Javier yang ditemui di Shanghai, China, Belum lama ini.

“Saya pikir ketika berada di Tiongkok, saya berkesempatan untuk berbicara dengan banyak pelanggan. Saya pikir orang-orang mempertahankan terutama untuk tiga fitur utama,” ujarnya.

Zeekr 009KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Javier mengatakan, tiga kata kunci untuk menggambarkan Zeekr ialah keselamatan, performa mesin dan baterai, serta teknologi. Ketiga hal itu yang ingin dibangun Zeekr dari segi desain.

Baca juga: Mercedes-Benz Pakai Baterai Solid-State, Jarak Tempuh Bertambah 80 Persen

“Saya tahu seberapa banyak Anda melakukan penelitian dan saya yakin dalam beberapa hari ke depan orang-orang dari bagian teknik akan memberi Anda lebih banyak informasi, tetapi baterai kami diganti, sasis kami dan sebagainya, mereka memenuhi persyaratan keselamatan yang sangat tinggi,” katanya.

“Kedua adalah performa dalam hal akselerasi mesin dan juga performa baterai. Kami memiliki semua kendaraan baru yang hadir sekarang dengan 800 sistem baterai dan kami akan meningkatkannya lebih tinggi lagi,” kata Javier.

“Kemudian yang terakhir adalah intervensi teknologi dari teknologi. Itulah tiga kata kunci yang bagi pelanggan kami membedakan merek kami atau mewakili Zeekr,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau