Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga Sebut Insentif Dorong Investasi EV di Indonesia

Kompas.com - 15/09/2024, 09:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebut bahwa pemberian insentif oleh pemerintah telah berhasil mendorong investasi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

Hal tersebut dikatakannya dalam acara Periklindo Electric Vehicle Conference yang disiarkan secara virual sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (14/9/2024).

"Perkembangan kendaraan listrik bukan hanya menjadi tren global, tetapi juga merupakan bagian penting dari transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau dan yang berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Apa Benar Ngobrol Bisa Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengemudi?

Ilustrasi mobil listrik. PIXABAY/MENNO DE JONG Ilustrasi mobil listrik.

Airlangga mengatakan, pemerintah telah menerbitkan berbagai kebijakan untuk mendukung investasi di sektor kendaraan listrik. Misalnya, bea masuk tarif 0 persen dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) atas impor mobil listrik

Kemudian pemerintah juga memberikan PPnBM 0 persen atas mobil listrik produksi dalam negeri yang memenuhi kriteria. Insentif ini telah mendorong permintaan kendaraan listrik sehingga berdampak pada peningkatan produksi.

"Perkembangan industri kendaraan listrik sampai saat ini cukup positif. EV ini perlu terus didorong untuk mewujudkan masa depan transportasi yang ramah lingkungan, inklusif, dan modern," kata dia.

"Masyarakat perlu diedukasi agar mengerti dalam pemanfaatan teknologi EV. Untuk itu, kerja sama lintas sektor sangat diperlukan," lanjut dia.

Baca juga: Pensiun dari MotoGP, Lin Jarvis Tetap Pegang Posisi Penting di Yamaha

Ilustrasi mobil listrik. PIXABAY/ANDREAS160578 Ilustrasi mobil listrik.

Mengutip data Gaikindo, penjualan mobil listrik semua merek selama Januari-Juli 2024 telah mencapai 17.826 unit, atau naik lebih dari 2 kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Kendaraan listrik menjadi solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan produksi kendaraan listrik di Indonesia perlu didasarkan pada praktik yang ramah lingkungan mulai dari hulu hingga hilir," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau