Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kondisi Kesehatan yang Disarankan untuk Tidak Mengemudi

Kompas.com - 11/09/2024, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini ada kejadian pengemudi yang meninggal dunia saat menyetir di daerah Semanggi, Jakarta Selatan. Pengemudinya sempat memberi sein ke kiri, tapi keburu meninggal dan berrhenti di tengah jalan.

Dugaan kuat, pengemudi alami serangan jantung dan langsung meninggal dunia. Memang ada beberapa kondisi kesehatan yang sebenarnya tidak disarankan lagi untuk menyetir atau mengendarai mobil.

Dokter yang bertugas di RSUD Cibinong, Muhammad Rizal Shidiq mengatakan ada beberapa penyakit yang tidak disarankan buat menyetir. Kondisi kesehatannya bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Video Pengemudi Meninggal Saat Menyetir, Diduga Kena Serangan Jantung

@mulwanto.eko

 

? suara asli - mulwanto.eko

 

"Hipertensi tidak terkontrol, bisa saja tiba-tiba serangan jantung di jalan, stroke saat mengemudi. Diabetes yang tidak terkontrol kalau enggak minum obat bisa tiba-tiba tidak sadarkan diri," kata Rizal kepada Kompas.com, Rabu (11/9/2024).

Rizal bilang, rata-rata penyakit yang sudah kronis, bisa tiba-tiba kehilangan kesadaran. Penyakit lain seperti epilepsi juga bisa mengalami kejang dan hilang kendali tubuhnya, berbahaya kalau sedang berada di balik kemudi.

"Bahaya kalau habis kejang, dia hilang kesadaran," kata Rizal.

Baca juga: Catat, SIM Indonesia Sudah Bisa Dipakai di 8 Negara Ini

Ada lagi kondisi aritmia, salah satu penyakit jantung, tepatnya gangguan irama. Rizal bilang, aritmia bisa menyebabkan pingsan tiba-tiba.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menyarankan kalau orang sudah memiliki kondisi kesehatan yang tidak baik, jangan lagi berada di balik kemudi.

"Lalu lintas yang beragam mengharuskan pengemudi melakukan tindakan atau reaksi yang sesuai. Pasti tidak maksimal apalagi ketika penyakitnya kambuh mendadak," kata Sony.

Sony bilang, kalau memang punya kondisi kesehatan yang tidak baik, jangan ditutup-tutupi dan memaksakan diri buat menyetir. Ketika kambuh malah bisa membahayakan orang lain yang ada di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau