Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Enggan Jual Lagi Double Cabin di Indonesia

Kompas.com - 05/09/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda Indonesia sempat meluncurkan mobil double cabin bernama BT-50. Pada saat itu mobil tersebut dibawa oleh PT Mazda Motor Indonesia (MMI) di tahun 2008. Namun, pada tahun 2019 BT-50 resmi disuntik mati, dan tidak dipasarkan lagi di Indonesia.

Pada 2017, jaringan distribusi dealer Mazda di Indonesia secara resmi dialihkan dari PT MMI ke PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI). Sejak saat itu, model kendaraan yang ditawarkan Mazda hanya mobil penumpang seperti Sport Utility Vehicle (SUV), hatchback hingga sedan.

Lantas, adakah keinginan PT EMI untuk kembali membawa double cabin di Indonesia? Mengingat, di global Mazda masih memiliki model double cabin BT-50 terbaru yang mengambil basis dari Isuzu D-Max.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Berniat Bakal Terus Buat Rekor Baru

Menjawa hal ini, Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjelaskan, beberapa pertimbangan yang membuat pihaknya belum mau membawa segmen double cabin di Indonesia.

“Di global memang ada double cabin yang basisnya dari Isuzu, tetapi tidak semua negara ada. Karena disesuaikan dengan situasi dan strategi negara masing-masing,” ucap Ricky, saat ditemui di Mazda Headquarter, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).

Mazda BT-50Motor1.com Mazda BT-50

Menurut Ricky, untuk Indonesia, saat ini memang lebih berfokus pada produk yang menonjolkan kodo desain dan mesin skyactiv. Sehingga rasanya kurang tepat jika menjual double cabin di Tanah Air.

“Setelah kita pelajari dan kita perhatikan, untuk Indonesia BT-50 yang basisnya dari Isuzu sementara waktu belum kita bawa dulu. Karena Mazda terkenal dengan kodo desain dan mesin skyactiv. Sementara itu kalau Isuzu kan menggunakan sasis dan mesin (diesel) dari Isuzu, itu bukan punya Mazda,” kata Ricky.

Baca juga: Produksi Motor ASEAN Semester I-2024 Melambat, Indonesia Tetap Kontributor Utama

“Jadi untuk saat ini kita akan fokus kepada model-model ada sekarang, di mana sangat mengungkapkan kodo desain dan jinba-ittai. Mobil yang lahir dari dengan desain mesin dari desainer Mazda,” lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini ada sejumlah model Mazda yang ditawarkan, mulai dari CX-3, CX-5, CX-30, CX-8, CX-9, CX-60, Mazda 2 hatchback, Mazda 3 hatchback, Mazda 2 sedan, Mazda 3 sedan, Mazda 6 sedan, Mazda 6 estate, hingga Mazda MX-5 RF roadster.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau