Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Presiden Jokowi Juga Naik Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 05/09/2024, 13:15 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo terlihat menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna hitam. Mobil ini digunakan Jokowi untuk pulang ke Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (4/9/2024).

Pemandangan ini memang tidak biasa, karena Jokowi biasanya menggunakan mobil kepresidenan Mercedes Benz S600 Guard yang sudah dibekali dengan fitur keamanan yang tinggi.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, Jokowi sengaja menaiki Innova Zenix untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito atau penyamaran.

Baca juga: Tren Global Mobil Listrik Mulai Lambat, Indonesia Bagaimana?

Selain Innova Zenix, Jokowi juga disebut menggunakan mobil high SUV Toyota Fortuner saat melakukan kunjungan kerja di medan yang berat.

“Artinya berganti kendaraan adalah hal biasa yang kami lakukan,” kata Yusuf, dikutip dari Kompas.com, Kamis (5/9/2024).

Meski mobil ini tidak dibekali dengan antipeluru, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) selalu berkoordinasi dengan tim pengamanan wilayah agar keselamatan Presiden terjaga selama perjalanan.

“Secara SOP akan kami laksanakan pengamanan terhadap Presiden secara maksimal dan berlapis serta dengan perhitungan yang matang. Kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi. Demikian,” kata Yusuf.

Oto Journey 2024 - Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Oto Journey 2024 - Innova Zenix Hybrid

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, unit Innova Zenix yang digunakan oleh Jokowi merupakan model Hybrid.

“Iya (model hybrid, tipe Q Modellista),” melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Kamis (5/9/2024).

Sebelumnya, mobil Innova Zenix juga menjadi perbincangan usai digunakan oleh pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus selama kunjungannya di Jakarta pada 3-6 September 2024.

Dari segi fitur, Innova Zenix memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Fitur pertama yang menjadi unggulan mobil tersebut adalah teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 sebagai perangkat keselamatan aktif untuk melindungi pengendara dan penumpang.

Teknologi TTS 3.0 yang disematkan pada Innova Zenix Hybrid juga memiliki empat fitur keselamatan, yakni Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Aspek keselamatan pada mobil tersebut semakin diperkuat dengan kehadiran enam airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Monitor, dan kamera 360.

Baca juga: Periklindo Sebut Indonesia Jangan Sampai Kalah dengan Thailand

Innova Zenix Hybrid juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern yang memberikan kemudahan dalam berkendara.

Seperti electric parking brake + brake hold pada semua varian, start stop button dan smart entry, power back door with voice command, panoramic view monitor, serta fitur telematik T Intouch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau