Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Nyalakan AC Mobil di Pagi Hari, Ini Efeknya

Kompas.com - 31/07/2024, 13:41 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghidupkan AC mobil saat pagi hari seringkali menjadi kebiasaan yang tidak disadari banyak pengemudi. Namun, ternyata ada alasan teknis yang kuat mengapa hal ini sebaiknya dihindari.

Saat pagi hari, suhu di dalam kabin biasanya masih dingin dan mesin mobil baru dinyalakan setelah semalaman tidak digunakan. Kondisi ini membuat beberapa komponen kendaraan, termasuk AC, memerlukan waktu untuk mencapai suhu kerja optimalnya.

Menghidupkan AC langsung setelah menyalakan mesin bisa menyebabkan beban tambahan pada mesin yang belum mencapai suhu operasi yang ideal.

Hal ini bisa berakibat pada peningkatan konsumsi bahan bakar serta potensi kerusakan pada komponen AC.

Baca juga: BYD Imbau Pengguna MPV Listrik M6 Jangan Melebihi Kapasitas

Gunawan, pengelola bengkel AC Premium 99 menekankan pentingnya memberikan waktu beberapa menit bagi mesin dan komponen lainnya untuk mencapai kondisi kerja yang stabil sebelum menghidupkan AC.

"AC mobil tidak boleh langsung dihidupkan saat mobil baru dinyalakan itu (berlaku) hanya saat pagi hari saja ya," kata Gunawan Kompas.com, Selasa (31/7/2024).

Gunawan menjelaskan lebih lanjut bahwa saat pagi hari, suhu kabin masih dingin dan RPM (putaran per menit) mesin cenderung lebih tinggi.

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

"Kalau pagi hari, suhu kabin masih dingin, RPM cenderung naik, jadi kalau AC dihidupkan akan bunyi cetak-cetek, nantinya ini kan berpengaruh pada kinerja AC ke depannya," jelasnya.

Memberikan waktu beberapa menit sebelum menghidupkan AC akan memungkinkan mesin bekerja lebih efisien dan memperpanjang umur komponen AC.

Selain itu, hal ini juga membantu mengurangi beban awal pada mesin, sehingga kendaraan bisa berjalan dengan lebih lancar dan hemat bahan bakar.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis 10 Bus Baru dan Siapkan Trayek Baru

Jadi, meskipun terlihat sepele, menunda menghidupkan AC di pagi hari adalah langkah kecil yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau