Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalu Lintas Saat Kunjungan Paus Fransiskus, Catat Waktunya

Kompas.com - 03/09/2024, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi gereja Katolik, dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Berbagai kesiapan untuk menyambut dan melayani Paus Fransiskus di Indonesia, salah satunya pengalihan arus lalu lintas yang akan diterapkan pada tanggal-tanggal tersebut.

“Perlu kami informasikan dan perlu diketahui juga oleh masyarakat, mungkin aktivitas masyarakat kota Jakarta akan sedikit terganggu, khususnya pada tanggal 5, hari Kamis 2024. Mulai pukul 06.00 WIB khususnya jalur seputaran Gelora Bung Karno (GBK) kita akan melakukan rekayasa lalu lintas, ini dari pagi,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, kepada wartawan, dikutip dari Kompas.com, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Touring H.O.G. Indomobil Jakarta Chapter dari Solo ke Bali

Nantinya ruas jalan yang akan dilalui oleh Paus Fransiskus dan rombongannya juga akan dilakukan penutupan sementara, namun penerapan ini bersifat situasional.

Untuk diketahui, Paus Fransiskus dijadwalkan akan tiba di Bandara International Soekarno Hatta, Jakarta pada 3 September 2024. Kemudian pada 4 September 2024 melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta dilanjutkan dengan mengunjungi Gereja Katedral.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Selanjutnya pada 5 September 2024, Paus Fransiskus bakal mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, diakhiri dengan Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Baca juga: Hubungan Sinar Matahari, Retak dan Risiko Pecah Ban

Berikut rincian rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta:

Rabu, 4 September 2024 Pukul 16.00 WIB - Istana Negara dan Gereja Katedral

a. Lalu lintas dari Selatan ( Bundaran Hi, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui jalan Thamrin sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari - dst;
b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim - Jalan Mas Mansyur - dst.

Rabu, 5 September 2024 Pukul 08.30 WIB - Masjid Istiqlal

a. Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui jalan Thamrin Sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat Sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari - dst;
b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim Jalan Mas Mansyur - dst

Kamis. 5 September 2024 Pukul 15.30 WIB - Stadion Gelora Bung Karno

a. Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi)) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja - Jalan Kebayoran Baru - Jalan Arteri Pondok Indah -berputar di U-Turn depan Gandaria City - Jalan Teuku Nyak Arief -Jalan Tentara Pelajar - dst;
b. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin - Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Penjernihan - Jalan Pejompongan - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Teuku Nyak Arief - Jalan Kebayoran Baru - Jalan Kyai Maja - Jalan Panglima Polim - dst;
c. Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean - Jalan Wolter monginsidi - Jalan Trunojoyo - Jalan Kyai Maja - Jalan Kebayoran Baru - Jalan Arteri pd. Indah berputar di depan U-turn Gandaria City - Jalan Teuku Nyak Arief - Jalan Tentara Pelajar - Jalan S Parman - dst;
d. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan 5 Parman - jalan Pejompongan - Jalan Penjernihan - Jalan RM Margono - Jalan Galunggung -Jalan Dr Saharjo - Jalan Prof Dr Soepomo - Jalan MT Haryono - dst.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau