Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelaan Bagnaia soal Kecelakaan dengan Alex Marquez di Aragon

Kompas.com - 02/09/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia gagal meraih poin karena mengalami kecelakaan dengan Alex Marquez. Insiden tersebut menuai kontroversi, tapi Bagnaia memiliki pembelaan.

Banyak pendukung Alex yang mengatakan bahwa Bagnaia melakukan kesalahan. Sebaliknya, banyak juga pendukung Bagnaia yang menyebut Alex yang terlalu memaksakan diri.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bagnaia dengan Alex Marquez di MotoGP Aragon

FIM Stewards sudah memutuskan tidak memberikan sanksi apapun. Kejadian tersebut diputuskan sebagai insiden balap semata.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Bagnaia mengatakan, data menunjukkan bahwa Alex tetap membuka gasnya ketika insiden terjadi. Menurutnya, Alex memang mencoba untuk membuat kontak dengannya.

"Pandangan saya adalah pandangan semua orang yang memiliki sudut pandang normal dalam hal balapan, karena cukup jelas apa yang terjadi,” kata Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kecelakaan

“Dia melebar, saya berada di depan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Saya memasuki tikungan itu tanpa menutup garis karena saya tahu dia ada di sana. Tapi kecepatan saya cukup untuk menyalipnya tanpa masalah," kata Bagnaia.

Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024Dok. Gold and Goose / Crash.net Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024

Bagnaia mengatakan, segera setelah dirinya memasuki tikungan berikutnya, dia mendengar suara mesin motor Alex. Dia tahu Alex membuka gas, sehingga dia yakin Alex mencoba menempel dirinya.

“Saya ingin melihat data itu. Dia tetap bertahan dengan 60 persen, 40 persen throttle terbuka hingga saat dia terjatuh. Jadi ini sangat aneh bagi seorang pebalap, saya pikir," ujarnya.

Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024Dok. Gold and Goose / Crash.net Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024

Alex mengatakan, dirinya tidak melihat Bagnaia. Sebab, posisinya saat terjadi kontak juga badannya sudah miring ke kanan.

"Menurut pendapat saya, tidak mungkin dia tidak melihat saya. Saya sudah berada di depannya sebelum mengubah arah," kata Bagnaia.

Meski kecelakaannya terlihat fatal, Bagnaia mengakui dirinya baik-baik saja. Tapi, tetap dia merasakan sakit pada lehernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau