Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nakagami Pensiun dari MotoGP, Beralih Jadi Pebalap Tes

Kompas.com - 30/08/2024, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Takaaki Nakagami menyudai karier profesionalnya sebagai pebalap MotoGP pada akhir musim ini. Untuk berikutnya, dia akan menjadi pebalap tes Honda.

Nakagami resmi digantikan oleh pebalap asal Thailand, yakni Somkiat Chantra. Satu-satunya pebalap Jepang yang ada di kelas MotoGP ini terhitung sudah ada di kelas utama sejak 2018.

Baca juga: Performa Masih Terpuruk, Nakagami Ungkap Masalah Honda di MotoGP

“Saya telah memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pebalap MotoGP pada akhir musim 2024. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua penggemar yang telah mendukung saya dengan hangat," ujar Nakagami, dikutip dari Crash.net, Jumat (30/8/2024).

Takaaki NakagamiDok. LCR Honda Takaaki Nakagami

“Saya juga ingin berterima kasih kepada Idemitsu dan Honda atas dukungan jangka panjang mereka. Mulai tahun 2025, saya akan terlibat dalam pengembangan mesin HRC. Saya senang bisa memanfaatkan pengalaman saya selama tujuh tahun di MotoGP. Saya bersemangat dengan babak baru saya," kata Nakagami.

Prestasi Nakagami memang kurang memuaskan selama berada di MotoGP. Nakagami belum pernah menginjakkan kakinya di podium. Prestasi terbaiknya hanyalah finis di posisi keempat. Dia juga pernah meraih satu kali pole position pada MotoGP Teruel 2020 di Sirkuit Aragon.

LCR Honda resmi mengungkap sepeda motor yang dipakai Takaaki Nakagami pada MotoGP 2022. Foto: Twitter LCR Honda LCR Honda resmi mengungkap sepeda motor yang dipakai Takaaki Nakagami pada MotoGP 2022.

Baca juga: LCR Honda Pamer Livery Terbaru Zarco dan Nakagami

Meski menjadi pebalap tes untuk Honda Racing Corporation (HRC), Nakagami tidak menutup kemungkinan untuk kembali balapan sebagai wildcard atau sebagai pebalap cadangan bagi tim satelit LCR Honda.

Nakagami akan menjadi pebalap tes Honda bersama dengan Aleix Espargaro yang juga memutuskan untuk pensiun di akhir musim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau