Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Menjaga Lis Karet Pintu dan Kaca Mobil

Kompas.com - 29/08/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca di berbagai wilayah Indonesia kerap kali tidak menentu. Pada siang hari, sinar matahari kerap sangat menyengat namun ketika malam tiba, curah hujan tiba-tiba tinggi.

Kondisi tersebut, sedikit banyak akan berdampak pada kendaraan bermotor yang digunakan khususnya mobil. Apabila tidak jeli, sejumlah komponen akan mengalami pengurangan kualitas seperti list karet di pintu serta kaca.

Lis karet pintu dan kaca berperan penting dalam meredam benturan saat proses menutup pintu mobil, meningkatkan kekedapan, serta menahan air masuk ke kabin jika mobil melaju di wilayah dengan curah hujan tinggi.

Baca juga: Mobil Manual Ternyata Masih Jadi Idola di Pasar Mobil Bekas

“Penting memperhatikan karet kaca di bagian luar, karena berpengaruh banyaknya air (hujan) yang masuk atau tidak. Kalau air masuk, bisa kena mekanis di bawahnya, motor power window bisa karatan,” ucap Ryan, dari bengkel spesialis power window, Tiga Saudara Motor, yang berada di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, saat ditemui Kompas.com, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

sekat karet pada pintu mobil menunjukkan tanda-tanda getas dan berjamur akibat kurang dirawatKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy sekat karet pada pintu mobil menunjukkan tanda-tanda getas dan berjamur akibat kurang dirawat

Ryan melanjutkan, kerusakan pada karet-karet di mobil bisa disebabkan karena usia serta penyimpanan mobil yang tidak tepat.

“Apalagi mobil yang sering dijemur satu atau dua tahun karet-karetnya sudah mulai kering atau rusak. Kalau tidak bisa tiga sampai empat tahun. Bagusnya kalau mobil sering dijemur setahun dua tahun karetnya harus diganti,” kata Ryan.

Baca juga: Penyakit Kronis Pelihara Toyota Starlet Kotak

Untuk memperpanjang umur, bagian karet mobil dapat diberi cairan silikon. Langkah tersebut bisa membuat elastisitas karet dan kemampuan mencegah masuknya air lebih terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau