Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Mitsubishi XForce, Ulas Eksterior sampai Konsumsi BBM

Kompas.com - 28/08/2024, 13:09 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen sport utility vehicle (SUV) makin gemuk. Karena itu, tak sedikit pabrikan mobil yang terus menambah varian SUV untuk menggaet konsumen Indonesia.

Salah satu yang ikut menjejalkan SUV baru ialah Mitsubishi. Pabrikan Jepang tersebut terjun di kelas SUV ringkas dengan meluncurkan Mitsubishi XForce di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Baca juga: Body Kit buat BYD Seal, Bikin Tampilan Lebih Agresif

XForce sendiri merupakan versi produksi dari The New SUV yang sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Mitsubishi sejak Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dan resmi meluncur di GIIAS 2023.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Eksterior

Soal eksterior, mobil bergaya crossover ini memiliki desain yang futuristis, modern, dan tangguh. Mitsubishi menggunakan bahasa desain Dynamic Shield yang juga dipakai oleh model lain.

Dari depan bentuk kap besar membuat tampilannya lebih kekar. Bahasa desain Dynamic Shield ini terdiri dari bumper kiri dan kanan yang melindungi gril depan. Desain lampu depan LED dirancang seperti bentuk L yang bila dikolaborasi dengan DRL.

Beralih ke samping tampilannya cukup tinggi. Proporsi bodi dan kaca terlihat pas dan tidak berlebihan.

Baca juga: PO Kramat Djati Rilis Bus Baru Pakai Jetbus 5 untuk Pariwisata

Salah satu yang membuat tampilan XForce lebih padat yaitu di bagian kaki-kaki, XForce menggunakan pelek berukuran 18 inci dan ban berdiameter besar yang cocok untuk segala medan jalan.

Bagian bawah bodi mengadopsi proporsi SUV yang kokoh, hal ini terlihat dari sepatbor berotot dengan ground clearance 222 mm yang terbilang cukup tinggi untuk kelas SUV ringkas.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Kemudian di buritan desainnya padat, sehingga terkesan gagah dan tangguh, bisa dilihat di bagian bumper tampak tebal, dipadukan dengan stoplamp berbentuk T-shape yang serupa dengan bagian depan.

Interior

Interior XForce hadir dalam dua pilihan warna, yakni putih melange-moka dan hitam. Namun, mobil yang redaksi pakai yaitu XForce Ultimate memakai warna melange-moka.

Secara keseluruhan, redaksi menilai suasana kabinnya terlihat sporty dan modern. Jok dibungkus kulit dengan material kulit sehingga menciptakan kesan elegan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Power Steering Elektrik

Pada bagian dashboard pakai bahan kain warna terang yang membuat tampilannya lebih "ringan". Setir menggunakan desain palang tiga yang dilapisi dengan kulit dan dihiasi audio steering switch. Bentuk transmisinya terlihat sporty, tapi masih simpel.

Menariknya, tombol auto hold dan rem tangan (electronic parking brake) terletak di bagian kiri tuas persneling, sedangkan di bagian kanan untuk pilihan mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, dan Mud).

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Catatan redaksi hal itu membuat tuas rem tangan jadi lebih jauh dari posisi mengemudi. Padahal mungkin pengemudi lebih sering memerlukan rem tangan terutama di kota besar yang macet ketimbang memindahkan pilihan mode berkendara.

Pada bagian dashboard XForce dimeriahkan dengan head unit 12.3 inci yang bisa tersambung dengan smartphone dan sudah terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Fitur

Kompas.com mendapat kesempatan mencoba XForce Ultimate yang merupakan tipe tertinggi.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Power Steering Elektrik

Fitur pertama yaitu pada sektor hiburan. XForce dibekali layar head unit 12,3 inci yang bisa tersambung dengan Smartphone-link Display Audio, Android Auto, dan Apple CarPlay, dipadukan dengan layar MID berukuran 8 inci.

Pengaturan AC sudah dual zone, sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk menyetel suhu yang berbeda. Untuk mengakses fitur pada head unit juga bisa dioperasikan melalui pengaturan tombol di setir.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

XForce juga berusaha memanjakan telinga pengemudi dan penumpang karena mobil sudah dibekali dengan audio premium Dynamic Sound Yamaha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau