Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Sebut Mobil Listrik di Indonesia Baru Sentuh Orang Kaya

Kompas.com - 22/08/2024, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut mobil listrik di Indonesia saat ini masih baru menyentuh kelas masyarakat menengah ke atas.

Padahal dalam lima tahun belakangan, industri ini tengah berjalan sangat cepat. Model yang ditawarkan pun semakin beragam dengan rentang harga lebih terjangkau (Rp 300 jutaan sampai Rp 1,5 miliar).

Demikian dikatakan Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro OJK Ahmad Nasrullah dalam diskusi AEML, Navigating The EV Ecosystem and Financing Innovations in Indonesia di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Supra Bapak Menolak Tua, Sabet Juara FFA HMC Makassar 2024

Ilustrasi mobil listrik. PIXABAY/MENNO DE JONG Ilustrasi mobil listrik.

"Mobil listrik itu (meski penjualannya naik tiap tahun), masih belum booming. Hal ini karena jarang sekali yang pakai mobil listrik sebagai untuk first car mereka," ucap dia.

"Gak ada orang pertama kali beli mobil, mobil listrik. Kebanyakan itu second atau untuk mobil kesekian mereka. Sehingga pangsa pasar ini middle up," lanjut Ahmad.

"Yah, yang mungkin dia beli buat anaknya kuliah, kendaraan dia sendiri, atau coba-coba," tambahnya.

Hal serupa dipaparkan oleh Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno. Di mana sekitar 70 persen pembelian mobil listrik merupakan pembayaran tunai.

Artinya mereka belum membutuhkan peran perusahaan pembiayaaan ataupun leasing dalam melakukan belanja.

"Pembeli mobil listrik saat ini merupakan masyarakat matture," ucap Suwandi.

Baca juga: Peminat Mobil Listrik Bekas Diklaim Belum Banyak

Ilustrasi mobil listrik.SHUTTERSTOCK/BIGPIXEL PHOTO Ilustrasi mobil listrik.

Dengan begitu pada titik tertentu penetrasi penjualan mobil listrik di Indonesia akan cenderung stagnan. Maka, penting bagi industri supaya segera membentuk ekosistem yang menaunginya.

Mengingat, masyarakat Indonesia yang masih tergolong dalam segmen atau kelas menengah ke bawah sebanyak 69 persen, alias 69 dari 100 penduduk.

"Kalau terdapat pembiayaan, rasanya kalau memang bisa semudah dan semurah yang sekarang, bukan tidak mungkin naik lagi. Sebab mereka juga kan menghitung lagi (nilai keekonomian)," ucap Ahmad.

"Jadi kami melihat potensinya sangat-sangat besar," tambahnya.

Dalam kesempatan sama, ia juga memaparkan tantangan umum pembelian mobil listrik bagi masyarakat menengah ke bawah yang meliputi pengisian baterai, bengkel, asuransi, juga leasing ataupun kredit.

Baca juga: Kualitas BBM Jadi Salah Satu Faktor Otomotif Harus Geser ke EV

"Permasalahannya seputar itu. Jadi menurut saya, harus digencarkan secara pararel. Kalau SPKLU sudah cukup cepat," ucap Ahmad.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari hingga Juli 2024, penjualan mobil listrik semua merek sebanyak 17.826 unit.

Hasil itu naik lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu 6.928 unit. Padahal pada periode sama penjualan mobil nasional tengah turun 17,5 persen jadi 484.235 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau