Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Gearbox CVT pada Mobil

Kompas.com - 10/08/2024, 20:49 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gearbox, juga dikenal sebagai transmisi, adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mobil yang berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda.

Pada mobil matik dengan teknologi continuously variable transmission (CVT), gearbox memainkan peran penting dalam menjaga kehalusan perpindahan gigi serta efisiensi bahan bakar.

CVT, berbeda dari transmisi manual atau otomatis tradisional, menggunakan sistem puli dan sabuk yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa jeda atau hentakan yang terasa oleh pengemudi.

Baca juga: Tips Merawat Sabuk Pengaman Pre-tensioner Supaya Selalu Optimal

Menurut Thayne Finsenda Lika, pemilik Dokter Mobil, CVT banyak digunakan karena kemampuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus.

"Mesin menggerakkan torque converter, kemudian oli transmisi dipompa ke gear penggerak, lalu disalurkan ke belt dan puli CVT, sebelum akhirnya tenaga disalurkan ke roda," jelas pria yang akrab disapa Ko Lung Lung tersebut kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2024).

Gearbox CVT pada mobil.kompas.com Gearbox CVT pada mobil.

Sistem ini memungkinkan mobil untuk mempertahankan kecepatan optimal mesin, sekaligus memberikan akselerasi yang halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Untuk memastikan gearbox CVT tetap optimal, lakukan beberapa perawatan sederhana, seperti rutin mengganti oli transmisi sesuai rekomendasi pabrikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah keausan dini.

Baca juga: Voltron Resmikan SPKLU di Rest Area Tol Cipularang KM 88A

Selanjutnya, koreksi gaya mengemudi dengan menghindari akselerasi tiba-tiba yang bisa membebani puli dan sabuk, serta lakukan pengecekan rutin di bengkel terpercaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau