Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahlil Ungkap Pabrik Pengolahan Baterai EV Mulai Dibangun Tahun Ini

Kompas.com - 31/07/2024, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan sedikitnya ada dua proyek besar yang mulai direalisasikan di semester II/2024 ini.

Salah satunya adalah pabrik katoda milik LG Group di kawasan Industri Terbatu Batang (KITB) yang nantinya akan melengkapi penciptaan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami akan lakukan groundbreaking di semester dua ini. Proyek ini sebenarnya kami lakukan di sektor ekosistem baterai mobil listrik, itu akan kita lakukan di Batang," kata Bahlil dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan II dan Semester I Tahun 2024, Senin (29/7/2024).

Baca juga: Penasaran dengan Honda Motocompacto, cuma Eksibisi Khusus

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Selain itu, bakal dibangun juga pabrik prekusor milik Huayou di Maluku Utara. Rencananya, pabrik ini bakal menyuplai kebutuhan baterai listrik mobil listrik Tesla mulai Januari 2025.

"Jadi ke depan, per-1 Januari 2025 Indonesia akan mengirim material bahan baterai berbentuk prekursor dari Indonesia, pabriknya di Weda Bay," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut Tesla belum akan membangun pabrik di manapun di dunia dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikarenakan kondisi global yang belum menentu dan adanya tekanan terhadap aktivitas bisnis Elon Musk.

Luhut lantas mencoba menawarkan potensi investasi lain agar perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu masuk ke Tanah Air, khususnya di sektor hilirisasi nikel.

Baca juga: Jokowi Santai Tesla Tidak Kunjung Berinvestasi di RI

Presiden RI Joko Widodo bersama Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung mengunjungi pabrik sel baterai terintegrasi pertama di Indonesia dari PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).dok.HLI Presiden RI Joko Widodo bersama Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung mengunjungi pabrik sel baterai terintegrasi pertama di Indonesia dari PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).

"Kalau Tesla itu sekarang saya pikir setelah satu tahun, dua tahun ini tidak akan membangun pabrik di mana pun. Kita masih melihat peluang lain untuk dia masuk mungkin investasi di nikel kita," ujarnya.

Adapun pabrik katoda milik LG bakal melengkapi aktivitas hulu ke hilir untuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan Korea Selatan ini sebelumnya sudah membuat pabrik baterai bersama Hyundai di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau