Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan Mobil Listrik Neta X

Kompas.com - 28/07/2024, 19:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Neta resmi melansir Neta X di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil ini masuk dalam segmen mid SUV karena lebih besar dari Neta V dan Neta V II.

Redaksi Kompas.com yang penasaran kemudian menjajal singkat Neta X di aera tet drive yang diseduakan di GIIAS 2024.

Baca juga: Plus Minus Perjalanan Naik Bus AKAP Angkatan Pagi

Soal desain tampilannya bisa disebut cukup moderat khas mobil listrik SUV China. Gril depan polos dengan lampu depan menyipit, di bawahnya terdapat lampu kabut yang juga jadi aksen buat tampilan depan.

Test drive Neta XKOMPAS.com/Carolus Dori Test drive Neta X

Masuk ke kabin, interior menawarkan tampilan yang cukup mewah. Dashboard, setir, jok depan belakang dilapis kulit dengan warna senada yang membuat kesan lebih premium.

Kabinnya dilengkapi layar besar seperti pada Neta V dan Neta VII. Bisa disebut layar besar ini jadi selling point dari Neta karena pengemudi bisa mengatur banyak bagian mobil dari layar ini.

Sistem tuas persneling juga mirip dengan saudaranya di mana pakai tuas di sebelah kanan belakang setir. Hal ini membuat tampilan konsol tengah terkesan bersih.

Baca juga: Gelis Pamer Gerod4 Overland, Bisa buat Medan Off Road

Test drive Neta XKOMPAS.com/Carolus Dori Test drive Neta X

Kemudian bentuk setir tidak bulat sepenuhnya, bagian atas dan bawahnya rata ala mobil balap. Meski dapat disebut baru sekadara tampilan bentuk seperti ini berguna agar pengendalian lebih nyaman.

Gas diinjak mobil dan melaju hal pertama yang dirasakan ialah setirnya masih mirip-mirip dengan Neta V yang terasa agak kosong.

Namun pengendaliannya tidak ada masalah. Mobil tetap mengikuti kemauan pengemudi Setirnya terasa ringan cukup enak karena artinya tangan tidak perlu tenaga untuk memutar setir.

Baca juga: Outlet Resmi Bridgestone Hadir di Cengkareng

Test drive Neta XFoto: KOMPAS.com/Carolus Dori Test drive Neta X

Hanya saja belum dietahui pengendaliannya saat kecepatan tinggi dan jangka waktu yang lama seperti saat mengendarai di jalan tol lintas provinsi.

Pada area test drive yang terbatas itu Kompas.com mencoba dua mode berkednara yaitu mode eco dan sport. Perbandingan keduanya cukup jauh di mana mode sport terasa lebih agresif.

Oiya, satu lagi, pengendalian setirnya juga bisa disesuaikann. Pengemudi bisa membuatnya jadi lebih sensitif dengan mode tertentu, dan di sini Kompas.com merasakan perbedaannya.

Soal dimensi, kompetitor Chery Omoda E5 dan BYD Atto 3 ini hadir dengan panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.628 mm.

Baca juga: Rawat Konsistensi, Honda Akan Buat Kumpul Komunitas Terbesar

Test drive Neta XFoto: KOMPAS.com/Carolus Dori Test drive Neta X

 

Spesifikasi teknis Neta X dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 161 Tk dengan torsi 210 Nm. Akselerasi 0-100 kpj bisa ditempuh dalam 9,5 detik dan meraih kecepatan tertinggi 150 Kpj.

Catu daya dibekali baterai berkapasitas 63.56 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 480 km dalam sekali pengisian daya. Sebagai gambaran, mobil bisa menempuh Jakarta-Semarang via tol dengan hanya memakai kapasitas baterai 20 persen.

Jika daya baterai habis, baterai bisa dicas pakai DC Charging berdaya 105 kW,. Isi daya dari 30-80 persen diklaim hanya perlu waktu 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau