Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Agustus, Pertamina Siap Merilis BBM Rendah Sulfur

Kompas.com - 20/07/2024, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah berencana meluncurkan jenis bahan bakar minyak (BBM) baru yang diklaim rendah sulfur atau ramah lingkungan. Produk tersebut direncanakan siap dirilis bulan depan.

Meski belum ada keterangan soal nama dari jenis BBM baru yang akan diluncurkan, namun Heppy Wulansari, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga menjelaskan, produk yang akan dirilis memang kategori low sulfur.

"Untuk produk BBM low sulfur yang akan dirilis pada 17 Agustus 2024, Pertamina tentu akan menyesuaikan dengan kebijakan atau ketentuan pemerintah," kata Heppy saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/7/2024).

Baca juga: Tantangan Toyota Hilux Rangga, Cari Kepercayaan Pelanggan

Harga seluruh jenis bahan bakar minyak (BBM) umum atau non-subsidi di SPBU Pertamina per Februari 2024.DOK. Humas Pertamina Harga seluruh jenis bahan bakar minyak (BBM) umum atau non-subsidi di SPBU Pertamina per Februari 2024.

Lebih lanjut Heppy menjelaskan, adapun untuk saat ini jenis BBM low sulfur max 50 ppm yang sudah ada di SPBU adalah Pertamax Turbo untuk BBM gasoline atau bensin.

Untuk BBM kendaraan bermesin diesel low sulfur, ada Pertamina Dex. Menurut Heppy, kedua produk low sulfur yang sudah dipasarkan tersebut telah memenuhi standar Euro 4.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, akan ada produk bahan bakar minyak (BBM) baru yang diklaim rendah sulfur atau lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Pembatasan BBM Subsidi mulai 17 Agustus, Beralih ke Bioetanol

Peluncuran BBM baru rendah sulfur tersebut, sejalan dengan langkah dan upaya pemerintah untuk menekan polusi udara dari kendaraan.

Adapun jenis BBM baru yang akan dihadirkan adalah produk non-solar milik Pertamina. Hal ini diungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono.

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

Menurutnya, pemerintah akan uji coba secara bertahap untuk mengenalkan jenis BBM baru di beberapa SPBU tersebut mulai Agustus 2024.

"Kalau rendah sulfur itu akan mulai, tapi sebagai pilot, 17 (Agustus) itu adalah semacam kick off-nya mau mulai di sana," kata Agus, dikutip dari Kompas.com, (12/7/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau