Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Bicara Xpander Xforce Hybrid, Lagi Hitung Biaya Produksi

Kompas.com - 19/07/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan All New Triton dan New Pajero Sport. Keduanya masih memakai mesin diesel konvensional.

Kalau dibandingkan dengan para kompetitor dari Jepang, mobil diesel sudah ada versi hybrid. Contoh Toyota Fortuner di Thailand, sudah tersedia versi hybrid, begitu juga Hilux.

President Director PT MMKSI Atsushi Kurita mengatakan, Pajero Sport dan Triton ke depan masih dijual pakai mesin diesel konvensional. Tapi ada saja kemungkinan kalau Pajero Sport ada versi bensin untuk dibikin hybrid.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Tak Bawa Triton Varian Tertinggi

Isi booth Mitsubishi di GIIAS 2024KOMPAS.com/FATHAN Isi booth Mitsubishi di GIIAS 2024

"Di masa depan contoh Pajero Sport, kalau ada yang bensin, mungkin bisa kita bikin versi hybrid. Tapi sekarang, buat produk ini kami masih jual yang ICE (Internal Combustion Engine)," kata Kurita di GIIAS, Kamis (18/7/2024).

Bukan cuma buat Pajero Sport dan Triton, Kurita juga cerita soal kemungkinan Xpander dan Xforce hybrid. Sebenarnya kedua model secara teknis sangat memungkinkan dibikin hybrid, apalagi di Thailand sudah ada Xpander dan Xpander Cross Hybrid.

"Hanya waktu buat memperkenalkannya masih dipikirkan lebih lanjut. Permintaan mobil hybrid di Indonesia sudah cukup meningkat, diskusi antara kami, pabrik, dan Mitsubishi Jepang sudah makin serius," kata Kurita.

Baca juga: Dijual Rp 425 Juta, Ini Spesifikasi Lengkap Kia Seltos Terbaru


Soal diskusi, Kurita menjelaskan baru sampai tahap mengurangi biaya produksi mobil hybrid. Mengingat buat bikin mobil hybrid harus menambah komponen seperti baterai dan motor generator.

"Diskusi sekarang masih membahas meminimalisi ongkos (produksi) supaya bisa memberi mobil dengan harga yang terjangkau. Kalau sudah ketemu harga paling cocok, maka akan segera bisa diperkenalkan ke Indonesia," ucap Kurita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau