Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Kendaraan Listrik Awal Tahun Diklaim Meningkat 8,2 Persen

Kompas.com - 17/07/2024, 13:07 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.comAstra Financial yang merupakan divisi jasa keuangan Astra, resmi membuka booth di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Dalam pembukaan tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, peningkatan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik.

Hal ini diungkap Agusman, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK.

Baca juga: Hyundai Resmi Luncurkan Kona Electric, Harga mulai Rp 499 Juta

"Kami mencatat bahwa penjualan kredit kendaraan listrik ini memang menunjukkan pertumbuhan yang mulai menguat, terutama karena penetrasi yang mulai meningkat, dari 6,9 persen di tahun lalu, sudah mulai 8,2 persen di 5 bulan pertama 2024," ujar Agusman di Tangerang (17/7/2024).

Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik. SHUTTERSTOCK/MIKE FLIPPO Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik.

"Jadi ini sesuatu yang mulai kelihatan tanda-tanda baiknya dan ini mulai mudah-mudahan baik juga buat sustainable finance di negeri ini," kata dia.

Sementara itu, Agusman juga mengatakan, total penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor pada periode yang sama mengalami peningkatan.

Baca juga: Isuzu Bawa Truk Power Bank Raksasa buat Cas Kendaraan Listrik

"Kami laporkan bahwa total pembiayaan pada data terakhir meningkat 11,21 persen, jadi di range yang tadi kami katakan di 9-11 persen. Jadi tentu saja kalau itu lebih dari 11 persen kita akan lebih bersyukur," ucap Agusman.

Untuk diketahui, Astra Financial mencatatkan pertumbuhan transaksi sejak GIIAS 2018 dari Rp 1,1 triliun dan kemudian pada tahun ke-5 mencapai Rp 2,8 triliun di GIIAS 2023, atau meningkat dua setengah kali lipat.

Astra Financial di GIIAS 2024Kompas.com/Dio Astra Financial di GIIAS 2024

"Kehadiran Astra Financial di GIIAS dengan 10 unit bisnis di sektor pembiayaan, perasuransian, perbankan maupun Lembaga Jasa Keuangan Lainnya, merupakan bentuk konkret untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan di masyarakat," kata Agusman.

"Harapannya, berbagai program (promo) yang ditawarkan Astra Financial selama GIIAS 2024 dapat menstimulasi industri otomotif dan berbagai sektor ekonomi, khususnya dalam bentuk pembiayaan, asuransi, perbankan, dan fintech," ujarnya.

Baca juga: Lexus Indonesia Lepas Tiga Jagoan Hybrid di GIIAS 2024

Wuling menampilkan tiga unit Air ev Long Range yang telah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan.Dok. Wuling Wuling menampilkan tiga unit Air ev Long Range yang telah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan.

Dalam rangka memperingati HUT Astra ke-67, Astra Financial melalui ACC dan TAF menghadirkan promo pembiayaan mobil dengan special rate mulai dari 0,67 persen untuk tenor 1 tahun. Kemudian, bunga khusus 2,67 persen untuk tenor 2 dan 3 tahun, 4,67 persen untuk tenor 4 dan 5 tahun, serta 6,67 persen untuk tenor 6 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau