Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Membeli Mobil Bekas dari Pemilik Langsung

Kompas.com - 15/07/2024, 15:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas dari pemilik langsung bisa menjadi pilihan menarik. Salah satu keuntungan utamanya adalah harga yang bisa lebih terjangkau.

Sebab, transaksi dilakukan langsung antara pembeli dan penjual tanpa perantara diler atau showroom, biaya tambahan seperti komisi dan biaya administrasi bisa dihindari sehingga harga jual mobil menjadi lebih rendah.

Selain harga yang lebih murah, membeli langsung dari pemilik juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lebih transparan mengenai kondisi mobil.

Baca juga: Dukung Bisnis di Indonesia, GWM Dirikan 10 Diler Resmi Tahun Ini

Pemilik asli biasanya akan memberikan informasi detail tentang riwayat penggunaan, perawatan, dan alasan penjualan mobil tersebut.

Hal ini tentu membantu pembeli untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan kondisi nyata mobil yang akan dibeli.

"Selain harganya lebih murah, kita bisa langsung tahu kondisi sebenarnya dari mobil itu. Pemilik mobil biasanya lebih transparan karena mereka ingin segera menjual mobilnya," kata Sodikin, pengelola bengkel mobil Sejahtera di Palmerah, Jakarta Barat Kepada Kompas.com, Minggu (14/7/2024).

Sodikin juga menambahkan bahwa negosiasi harga dengan pemilik langsung biasanya lebih fleksibel.

Beli mobil bekas dari pemilik langsung bisa jadi lebih menguntungkan.Freepik Beli mobil bekas dari pemilik langsung bisa jadi lebih menguntungkan.

"Kalau beli di diler, harganya sudah pasti dan biasanya tinggi. Tapi kalau langsung ke pemilik, kita bisa tawar-menawar dan biasanya dapat harga lebih baik," jelasnya.

Sodikin juga menekankan pentingnya melakukan pengecekan menyeluruh sebelum membeli mobil bekas dari pemilik langsung.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Ganggu Penjualan Mobil Baru

"Yang jelas, harus cek kondisi mobilnya, mulai mesin sampai kelistrikan. Bawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut kalau perlu," ujarnya.

Membeli mobil bekas dari pemilik langsung bisa memberikan nilai lebih dan kepuasan tersendiri bagi pembeli, selama dilakukan dengan hati-hati dan teliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau