Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Laksana buat GIIAS, Suites Class Mesin Depan

Kompas.com - 15/07/2024, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus baru dari Karoseri Laksana terpantau sudah melakukan perjalanan dari Ungaran ke ICE BSD, Tangerang. Salah satu bus yang dibawa unik, tampak seperti suites class tapi posisi mesinnya ada di depan.

Suites class buatan Laksana kelihatan dari bagian sampingnya yang terdiri dari dua kaca yang bertumpuk. Susunan kaca samping tersebut digunakan karena bangku yang ada di kabin memang dibikin bertingkat.

Kemudian indikasi mesin depannya bisa dilihat dari bumper depan bus yang ada grille-nya. Memang, grille tersebut masih tertutup stiker putih yang menyembunyikan tampilan bus, tapi stikernya dibikin berlubang untuk udara masuk.

Baca juga: PO Bagong Rilis 10 Bus Baru Pakai Bodi Discovery SR3

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Kalau bicara bus mesin depan dengan bangku sleeper, sebenarnya sudah dilakukan di model Tourista Suites Combi. Cuma kalau sasisnya bus besar dan full bangku rebah, ini mungkin jadi yang pertama.

Laksana sebenarnya punya nama untuk bus besar mesin depan, yakni Discovery. Cuma buat model terbaru ini, Kompas.com dapat informasi kalau sebutannya jadi Legacy FE, Front Engine.

Kalau benar jadi Legacy FE, berarti Laksana akan bikin semua lini produk busnya memakai nama yang sama. Misal buat yang bus besar mesin belakang, Legacy SR3, tapi jika mesin depan, maka jadi Legacy FE.

Baca juga: Bus Baru PO Melody Transport, Pakai Bodi Tourista dari Laksana


Selain itu, informasi yang Kompas.com terima menyebutkan kalau sasis yang digunakan dari Mercedes Benz OF1623. Kalau pakai sasis bus besar mesin depan tersebut, kemungkinan sudah model yang air suspension.

Karoseri Laksana sudah membuat bodi bus dengan sasis tersebut. Waktu itu dipamerkan saat Giicomvec, pakai bodi Discovery SR3 yang livery PO Sudiro Tungga Jaya.

Menarik akan seperti apa nantinya bus baru Laksana yang dipamerkan saat GIIAS. Bodi bus besar mesin depan dengan bangku suites saja sudah jadi inovasi buat saat ini, patut ditunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau