Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Bull Bikin Mobil Hypercar, Performa Setara F1

Kompas.com - 15/07/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Red Bull, produsen minuman berenergi, banyak mensponsori kegiatan olahraga dan balap, termasuk Formula 1 (F1). Belum lama ini, Red Bull sampai membuat mobil yang diklaim performanya setara dengan mobil balap F1.

Dikutip dari Autoexpress.co.uk, Senin (15/7/2024), mobil jenis hypercar tersebut diberi nama Red Bull RB17. Mobil dan mesin yang digunakan didesain oleh Adrian Newey, yang juga mendesain mobil F1.

Baca juga: Red Bull Resmi Hilang dari Daftar Sponsor Honda MotoGP

Tapi, mobil ini dikhususkan untuk penggunaan di trek, bukan di jalan raya. Mesin yang digunakan berkonfigurasi V10 yang performanya sangat tinggi.

Mobil jenis hypercar Red Bull RB17Dok. Autoexpress.co.uk Mobil jenis hypercar Red Bull RB17

Red Bull RB17 melakukan debut pada Goodwood Festival of Speed 2024. Dapur pacunya didukung oleh mesin V10, 4.5 L, yang diklaim memiliki tenaga hingga lebih dari 1.000 Tk dan putaran mesinnya bisa mencapai 15.000 rpm.

Mobil dengan mesin tengah ini dipadukan juga dengan motor elektrik yang jika digabungkan tenaganya mencapai 1.200 Tk. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim bisa tembus 350 kilometer per jam.

Baca juga: Tengok Livery Bersejarah Red Bull KTM Factory di MotoGP 2024

Semua tenaganya disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi serat karbon 6-percepatan. RB17 punya rasio bobot dan tenaga yang luar biasa, karena dengan tenaga sebesar itu, bobotnya hanya 900 kg, alias lebih ringan dari Suzuki Swift.

Mobil jenis hypercar Red Bull RB17Dok. Autoexpress.co.uk Mobil jenis hypercar Red Bull RB17

Bobot yang ringan tersebut bisa didapat dari sasis monokok dari material serat karbon. Latar belakang mobil ini sebenarnya didesain untuk memenuhi regulasi keselamatan kelas Le Mans Hypercar.

Red Bull juga mengeklaim bahwa RB17 dapat digunakan balap hingga 24 jam tanpa servis sekali pun. Selain itu, Red Bull juga menawarkan perawatan mobil ini di Red Bull HQ di mana pun pemiliknya berada.

Red Bull RB17 hanya dibuat sebanyak 50 unit dan dibanderol 5,75 juta poundsterling atau sekitar Rp 120 miliar. Produksinya akan dimulai pada 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau